Wujudkan Poros Maritim, Pengurus Pramarin Dikukuhkan

SEBAGAI negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antarpulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut, serta fokus pada keamanan maritim.
Untuk menjadi sebuah negara maritim, infrastrukur antarpulau dan sepanjang pantai di setiap pulau merupakan hal mutlak yang mesti dibangun dan dikembangkan.

Untuk mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia, pemerintah telah mencanangkan 5 pilar utama, yakni pembangunan kembali budaya maritim Indonesia serta komitmen menjaga dan mengelola sumber daya laut dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut melalui pengembangan industri perikanan dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.

Kemudian pilar berikutnya ialah komitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun tol laut, pelabuhan laut, logistik, dan industri perkapalan, serta pariwisata maritim.

Adapun pilar keempat yakni diplomasi maritim yang mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerja sama pada bidang kelautan dan pilar terakhir yaitu sebagai negara yang menjadi titik tumpu dua samudra, Indonesia berkewajiban membangun kekuatan pertahanan maritim.

Dalam rangka memberikan kontribusi dan berperan aktif untuk mewujudkan kebijakan pemerintah di bidang maritim, saat ini telah dibentuk Perkumpulan Praktisi Maritim Indonesia (Pramarin).

“Perkumpulan ini bertujuan untuk mempersatukan praktisi di bidang maritim agar dapat saling berkomunikasi dan bekerja sama dalam meningkatkan peranan serta memberikan arah yang pasti dan dapat memberikan kontribusi dengan kualitas tertinggi dan memberikan pelayanan kepada pengguna dan praktisi di bidang maritim dengan hasil yang memuaskan dan berkontribusi besar untuk kepentingan nasional dan global,” ujar Sjaifuddin Tahir, Ketua Umum Pramarin periode 2017-2022, di Jakarta, Sabtu (22/4).

Ia pun berharap dengan telah dikukuhkan dan dilantiknya kepengurusan Pramarin periode 2017-2022 ini, terbangun suatu forum komunikasi yang efektif antara anggota dan pengurus sehingga pengurus dapat merumuskan dan menjalankan program kerja sesuai dengan visi dan misi organisasi. Pengukuhan dan pelantikan pengurus Pramarin dilaksanakan di Mercantile Athletic Club, Jakarta, Sabtu, dengan dihadiri oleh anggota dan pengurus dari seluruh Indonesia. (RO/OL-2)
Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...