Waspadai Equinox 23 September, Suhu Kawasan Indonesia Naik

PADA tanggal 23 September nanti akan terjadi peristiwa alam equinox, saat posisi matahari akan berada tepat diatas khatulistiwa. Pada saat equinox, suhu udara di Indonesia akan naik bisamencapai 36 derajat celcius.

Equinox adalah peristiwa rutin yang terjadi dua kalisetiap tahun yaitu posisi matahari akan berada tepat di atas khatulistiwa. Pada 2017 ini equinox terjadi pada 21 Maret lalu dan 23 September lusa.

Meskipun ini peristiwa tahunan, masyarakat di Indonesia tetap harus mewaspadai dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan. Apabila tidak terlalu perlu, masyarakat diimbau bijak untuk lebih banyak berada didalam ruangan.

Sebab pada saat equinox, rata-rata suhu udara di Indonesiaakan meningkat bisa mencapai 36 derajat celcius. Selain mengurangi aktivitas diluar ruangan, minum air juga harus diperbanyak untuk menghindari dehidrasi.

“Kurangi aktivitas di luar ruangan dan perbanyak minum air putih,” kata prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika Juanda Agatha Mayasari, Rabu (20/9).

Selain itu, karena di bulan-bulan ini sebagian wilayah di Indonesia masih musim kemarau, masyarakat juga diminta waspada mengantisipasi kebakaran. Seperti di wilayah Jawa Timur, semuanya masih akan mengalami kemarau di bulan September ini bahkan ada yang hingga akhir November nanti. (OL-6)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...