Versi Lengkap Pupuk Nasionalisme

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy kembali menegaskan kewajiban sekolah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya versi tiga stanza. Lagu tersebut, menurut dia, wajib dikumandangkan dalam upacara bendera dan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar.

“Saya ingin tegaskan kembali agar lingkungan pendidikan wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza,” kata Muhadjir saat mengunjungi SMKN 6 Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin.

Menurut dia, menyanyikan lagu Indonesia Raya versi 3 stanza selain ingin mengembalikan lagu Indonesia Raya yang asli ialah juga agar para siswa mampu menghayati makna lagu Indonesia Raya secara utuh.

“Tidak hanya sepertiga seperti selama ini. Soal nanti apakah jadi keputusan secara umum, itu masalah lain,” ungkapnya.

Selain melakukan sosialisasi Indonesia Raya 3 stanza, kesempatan ini juga dipakai Muhadjir untuk mengingatkan para siswa terkait pentingnya pendidikan karakter. Secara khusus dia menyinggung agar para siswa menghindari diri dari narkoba dan pergaulan bebas di masyarakat.

“Kalian setidaknya harus tahu bahwa masa-masa sekolah ini adalah persiapan untuk masa depan kalian. Jadi jangan disia-siakan untuk sesuatu yang tidak berguna seperti narkoba dan pergaulan bebas di masyarakat,” beber Muhadjir.

Mendikbud berharap para siswa dapat hapal dan menghayati lagu Indonesia Raya tiga stanza itu secara utuh.

Dalam rangka itu kepada para guru, Muhadjir juga meminta agar benar-benar menjadi teladan bukan hanya soal pengetahuan, tetapi terutama karakter. “Keteladanan itu sekarang yang sulit. Jadi harap-an saya agar guru-guru benar menjadi teladan bagi para murid,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bagian kurikulum SMKN 6 Jakarta Siti Rusmati menegaskan bahwa jauh sebelum kunjungan menteri pihaknya sudah menyosialisasikan Indonesia Raya 3 stanza kepada para siswa.

“Meski memang agak panjang, para siswa cepat juga menghafalnya. Karena memang kita juga sudah latih anak-anak ini sejak lama,” kata Siti.

Hanya bait pertama
Di sisi lain, kebijakan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza tersebut untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan karena dalam lagu tersebut terdapat prolog, isi, dan epilog.

Bahkan jika melihat lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza ini mempunyai makna yang dalam. “Selama ini lagu Indonesia Raya yang di­nyanyikan saat upacara dan kegiatan lainnya hanya bait pertamanya saja,’’ tambahnya saat mengenalkan Indonesia Raya 3 stanza di SDN 1 Sukabumi, beberapa waktu lalu.

Muhadjir mengatakan maka dirasa perlu untuk mengenalkan lagu kebangsaan ini kepada warga khususnya kepada anak di usia dini agar mengetahui makna setiap penggalan lagi tersebut.

Apresiasi
Terpisah, pengamat pendidikan Indira Charismaji mengapresiasi langkah pemerintah mewajibkan sekolah menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza.

“Lebih dari sekadar penanaman nilai-nilai saya rasa ini merupakan bentuk penghargaan juga kepada pencipta lagunya. Dan menghargai karya orang itu adalah pendidikan karakter juga,” pungkas Indira. (Ant/H-1)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...