Urus Berbagai Izin akan “Ditodong” NPWP

BELITUNG, Bagi anda yang belum memiliki Nomer Pokok Wajib Pajak (NPWP) segeralah mengurusnya ke kantor pajak. Sebab pemerintah akan menerapkan konfirmasi status wajib pajak (KSWP).

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak Suryo Utomo menuturkan, KSWP akan diterapkan hingga ke tingkat kecamatan di seluruh Indonesia. Masyarakat yang akan mengurus berbagai izin, akan ‘ditodong’ NPWP oleh petugas.

“Jadi nanti misalnya di wilayahnya mau ngurus IMB (izin mendirikan bangunan), akan ditanyakan NPWP oleh kantor kecamatan,” ujarnya di Belitung, Senin (17/4/2017).

“Kalau sudah punya NPWP apakah sudah lapor SPT? nanti di cek juga olah kantor kecamatan,” sambung dia.

Menurut Suryo, uji coba penerapan KSWP sudah mulai dilakukan dibeberapa daerah. Hal itu merupakan bentuk kerja sama antara Ditjen Pajak dengan pemerintah daerah.

Bahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah mengeluarkan aturan yang mengharuskan penerbit izin untuk melakukan KSWP.

Namun bukan berarti penerapan KSWP hanya sebatas mensyaratkan NPWP. Petugas di instansi terkait juga akan mengarahkan wajib pajak yang tidak memiliki NPWP untuk segara registrasi ke kantor pajak.

“Ini kita lakukan kerja sama teman-teman dari Sabang sampai Merauke seluruh Kanwil Pajak akan lakukan sinergi di wilayah masing-masing,” kata Suryo.

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...