Upaya Masyarakat Badui Menjaga Kelestarian Hutan Patut Dicontoh

BUPATI Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita, menerima seba atau pemberian hasil pertanian dari masyarakat Adat Badui yang tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak.

Sebanyak 50 orang masyarakat Adat Badui yang dipimpin Jaro Saidi menyerahkan seba dan diterima Bupati Pandeglang didampingi pejabat setempat di Pendopo Kabupaten Pandeglang, Sabtu (29/4).

Masyarakat Adat Badui setiap tahun menyerahkan seba kepada Gubernur Banten, Bupati Lebak, dan Bupati Pandeglang. Acara itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara turun-temurun.

“Seba yang dilakukan masyarakat Badui ini memberikan pesan moral yang mendalam. Hal itu dilihat dari pesan yang mereka sampaikan bahwa kelestarian alam dan lingkungan harus dijaga,” kata Bupati Pandeglang saat menerima Seba Badui.

Selain dari hasil bumi yang diambil, tentu kelestarian hutannya harus dijaga untuk kelangsungan ekosistem lainnya dan menjaga terjadinya bencana alam akibat dari erosi.

“Menjaga kelestarian hutan juga merupakan upaya mencegah terjadinya kekeringan. Kalau hutannya terjaga akan menjadi daerah resapan air,” ujarnya.

Upaya masyarakat Badui yang melestarikan hutan patut dicontoh, dan diharapkan dilakukan oleh warga lainnya.

“Hutan berguna untuk kehidupan kita. Apa yang dilakukan warga Badui yang tetap memelihara kelestarian hutan harus dijadikan contoh bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara Jaro Saidi mengatakan, seba ini tradisi turun-temurun dan merupakan warisan dari kokolot (leluhur) akan terus dilaksanakan oleh anak-cucu masyarakat Badui.

“Untuk melaksanakan seba ini, warga Badui turun gunung untuk memberikan hasil bumi kepada pemerintah Kabupaten Pandeglang, dan mengingatkan untuk menjaga kelestarian alam di Banten, khususnya Pandeglang,” katanya.

“Pesan kami tolong dijaga Gunung Karang, Aseupan, Pulosari, Madur, dan leuweung (hutan), laut supaya alam lestari jauh dari bahaya,” katanya. (OL-2)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...