Ujicoba SIPOL Tahap II, Hadir 34 Parpol dari 73 Parpol Terdaftar di Kemenkumham

Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan sosialisasi dan ujicoba Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) Tahap II bersama partai politik (Parpol) yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kamis (6/4) di Ruang Sidang Utama Lantai 2 KPU RI.

Kegiatan ini hanya dihadiri oleh 34 parpol, dari 73 parpol yang terdaftar di Kemenkumham. Berdasarkan informasi dari kurir yang mengantarkan surat, hanya 45 parpol yang terkirim dari 73 parpol yang terdaftar. Itu pun yang konfirmasi untuk hadir hanya 35 parpol, dan saat acara berlangsung hadir 34 parpol.

Komisioner KPU RI Ida Budhiati menyampaikan bahwa KPU sudah berusaha maksimal untuk menghubungi alamat parpol yang terdaftar sesuai dokumen yang diterima dari Kemenkumham. KPU juga telah melakukan sosialisasi dan ujicoba tahap I, dari 73 parpol yang diundang hanya 38 parpol yang terkonfirmasi, dan pada saat acara hanya 31 parpol yang hadir.

“Sosialisasi dan ujicoba SIPOL ini sebagai bagian usaha KPU dalam memberikan informasi dan pelayanan kepada parpol dalam mempersiapkan tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol yang akan menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang,” tutur Ida yang juga memegang Divisi Hukum di KPU RI.

KPU telah berupaya mengumumkan melalui konferensi pers dan laman KPU, tambah Ida. Hal ini dimaksudkan agar parpol yang belum hadir bisa melakukan update alamat kantor untuk tingkat pusat. Saat ini parpol yang melakukan update alamat kantor baru 6 parpol.

Ida berharap parpol untuk tidak ragu menggunakan SIPOL untuk menyongsong pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2019. Ida menegaskan bahwa sistem ini mempunyai proteksi keamanan tinggi untuk menjamin keamanan database kepengurusan parpol. (Arf/red. FOTO KPU/Rudi/Hupmas)

Sumber kpu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...