Uji Calon Anggota KPU-Bawaslu Selesai, Komisi II Gelar Pleno Pemilihan

JAKARTA, Komisi II DPR selesai melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test komisioner Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu, Selasa (4/4/2017) malam.

Ketua Komisi II Zainuddin Amali menuturkan, pihaknya akan melaksanakan rapat internal secara tertutup untuk menentukan mekanisme pemilihan dan hal lainnya yang berkaitan dengan penentuan calon terpilih, baik KPU maupun Bawaslu.

“Kami akan berupaya sekuat tenaga untuk melakukan pemilihan pada malam hari ini. Kalau belum selesai kami akan melanjutkan besok,” kata Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa malam.

Namun, Amali memastikan hasil fit and proper test akan dibacakan dalam rapat paripurna DPR Kamis (6/4/2017).

“Kami sudah lengkap, akan segera masuk rapat internal. Apapun hasilnya kami harus lapor ke Bamus,” ucap politisi Partai Golkar itu.

Adapun pada hari kedua, sejumlah pertanyaan dilontarkan terhadap calon komisioner Bawaslu yang hadir. Misalnya, anggota Komisi II dari Fraksi PDI Perjuangan, Arif Wibowo, yang menyoroti tugas pokok Bawaslu.

“Dari waktu ke waktu kerawanan pemilu tidak berubah. Bawaslu tidak fokus. Semua mau diawasi. Kira-kira bagaimana sikap Anda mengenai kerawanan pemilu jika terpilih?” tanya Arif.

Sementara itu, anggota Komisi II dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto, mempertanyakan strategi masing-masing calon dalam merawat hubungan baik antara Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu.

“Bagaimana strategi untik merawat hubungan baik dengan KPU? Tapi bukan berarti yang benar disalahkan, yang salah dibenarkan karena kedekatan. Bukan saling meniadakan, tapi saling memperkuat fungsi masing-masing,” ujar Yandri.

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...