Ucapkan Selamat Lebaran, Duterte Minta Warga Lawan Konflik Marawi

MESKI beragama Katolik, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri untuk para Muslim yang merayakan.

“Hari pertama bulan Syawal selalu memberikan kebahagiaan pada saudara-saudara Muslim,” ucap Duterte dalam keterangan resminya.

“Semoga pencapaian spiritual kita setelah sebulan berpuasa ini dapat menguatkan kita sebagai sesama,” lanjutnya, seperti dikutip Inquirer, Senin 26 Juni 2017.

Dalam ucapannya tersebut, Duterte juga mendorong umat Muslim untuk tetap berpikir positif di tengah konflik yang kini sedang terjadi di Marawi.

“Jika banyak rintangan yang harus kita lalui, saatnya iman dan tekad menguatkan kita untuk melawan itu semua. Mari warga Filipina membangun persatuan nasional sebagai bentuk dedikasi untuk memajukan rasa kemanusiaan,” tegas dia lagi.

Duterte juga menyebut, Hari Raya Idulfitri adalah hari yang tepat untuk menunjukkan pengabdian kepada Tuhan. Sudah sebulan lamanya konflik di Marawi berlangsung antara pasukan pemerintah Filipina dan kelompok militan Maute yang berafiliasi dengan ISIS.

Pertempuran ini menyebabkan 246 ribu warga harus mengungsi, serta telah membunuh lebih dari 350 orang. Korban tewas antara lain warga sipil, militan Maute, maupun tentara Filipina. Untuk memperingati Hari Raya Idulfitri, di hari pertama, pemerintah Filipina mendeklarasikan gencatan senjata selama delapan jam dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai 14.00 siang waktu setempat. (MTVN/OL-7)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...