Tumbuhkan Zona Ekonomi Baru, Pos Lintas Batas di Jayapura Diresmikan

JAKARTA, Presiden Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negara yang terletak di Skow, Jayapura, perbatasan antara Indonesia dengan Papua Nugini.

Adapun peresmian tersebut merupakan agenda pamungkas Presiden dalam melakukan kunjungan kerja yang dimulai dari Nanggroe Aceh Darussalam, menuju ke Kalimantan Selatan, Maluku Utara, hingga diakhiri di Papua.

Presiden mengungkapkan bahwa pembangunan di daerah perbatasan harus terus digencarkan.

“Perbatasan merupakan pintu utama Indonesia dengan negara lain, jangan sampai pembangunan perbatasan malah tertinggal,” ungkapnya melalui keterangan resmi, Rabu (10/9/2017).

Presiden menambahkan bahwa dengan modernisasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skow, diharapkan akan menumbuhkan zona-zona ekonomi baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengungkapkan, Bea Cukai Jayapura telah mengadopsi sistem sistem otomasi kartu identitas lintas batas yang sebelumnya telah diterapkan di Entikong dan Nanga Badau.

“Dengan otomasi sistem ini tentunya akan mempercepat pelayanan dan meningkatkan pengawasan terhadap para pelintas batas,” papar Heru.

Menurut Heru, dengan dilakukannya modernisasi PLBN diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan optimal dan mendukung penerimaan negara.

“Dengan modernisasi PLBN, diharapkan dapat semakin mempercepat pelayanan yang nantinya akan berimbas terhadap terkumpulnya penerimaan negara,” pungkasnya.

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...