Transportasi Mudik Lebaran Disiapkan

PEMERINTAH menyiapkan berbagai moda transportasi umum untuk persiapan mudik Lebaran 2017. Berbagai moda transportasi untuk Lebaran tahun ini dibahas dalam rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (20/4).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menyiapkan kapal roll on-roll off (RORO) untuk mudik Lebaran kali ini. Rute yang akan dilalui kapal RORO, antara lain Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Lampung. Kapal-kapal tersebut akan bisa menampung sekitar 300-400 kendaraan per kapal.

“Yang baru di tahun ini, kapal RORO. Kita harapkan itu akan mengurangi kemacetan di jalan. Buat pemudik juga enak, tidak ada pungli, tidak ada kecelakaan,” tukas Luhut.

Dia mengatakan mudik menggunakan kapal roro akan mulai digalakan pemerintah. Para angkutan barang dan logistik pun bisa menggunakan kapal tersebut saat dilarang beroperasi di jalan tol saat arus mudik.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (persero) Tbk Pahala Mansury mengatakan pihaknya akan menambah sekitar 45 ribu kursi selama arus mudik Lebaran. Rinciannya, tambahan jumlah penerbangan atau pesawat sebanyak sekitar 33 ribu kursi dan penggunaan pesawat berbadan besar yang mampu menambah jumlah kursi sekitar 12 ribu.

“Jadi dalam dua minggu peak season Lebaran, insya Allah sudah siap. Kita juga akan menambah kru dan jumlah pesawat yang stand by, dua yang wide body dan satu aero wide body,” papar Pahala.

Sementara Direktur Utama PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana menyatakan pihaknya akan berfokus pada angkutan Lebaran di Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, dan Pelabuhan Dumai. Pasalnya, tiga pelabuhan itu akan menjadi pintu masuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bermudik ke Pulau Jawa.

“Untuk di Belawan sendiri, kita punya program bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk meringankan beban. Kita membuat mudik gratis dari Batam ke Belawan,” ucap Bambang.

Pelindo I juga akan memberikan bus gratis kepada para pemudik yang masuk ke tiga pelabuhan tersebut untuk menuju ke berbagai terminal di daerah masing-masing. Misalnya, dari Pelabuhan Dumai akan disediakan bus gratis menuju Pekanbaru dan Padang. Jumlah bis yang disediakan rencananya sebanyak 3-4 bis untuk setiap pelabuhan.

“Karena di dalam pelabuhan tidak ada angkutan umum. Kita akan pakai dana CSR (coorporate social responsibility) dan tidak kita batasi berapa yang kita akan gelontorkan. Kita akan hitung berapa yang dibutuhkan untuk masyarakat,” imbuhnya. (OL-5)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sidang aduan Partai Republik terhadap KPU RI dan Bawaslu RI di ​​(DKPP) RI, tertunda

Sidang aduan Partai Republik terhadap KPU RI dan Bawaslu RI di ​​(DKPP) RI, tertunda

Sidang aduan Partai Republik terhadap penyelenggara Pemilu yaitu KPU RI dan Bawaslu RI di Dewan ...