Tingkat Kebugaran Rendah Masyarakat Diajak Olahraga

DATA Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan tingkat kebugaran masyarakat Indonesia masih rendah. Tercatat, hanya 17% populasi yang memiliki derajat kebugaran jasmani tergolong baik. Masyarakat pun diimbau menjalankan olahraga teratur untuk meningkatkan kebugaran.

“Berdasarkan data Kemenpora, hanya 1 dari 4 orang Indonesia yang rajin berolahraga. Tingkat partisipasi olahraga penduduk berusia 10 tahun ke atas pada 2003-2012 menunjukkan tren menurun, dari 25% menjadi 24%,” ujar Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta seusai menyambut 15 pesepeda peserta Gowes Pesona Nusantara 2017 di Jakarta, kemarin (Minggu, 6/8).

Ia melanjutkan, penelitian Stanford University yang terbit bulan lalu juga menyatakan Indonesia ialah negara berpenduduk paling malas berjalan kaki. Rata-rata orang Indonesia hanya berjalan kaki 3.513 langkah setiap hari. Jumlah itu di bawah rata-rata dunia yang mencapai 4.961 langkah per hari.

Tingkat kebugaran yang rendah, sambung Raden, berdampak buruk bagi kesehatan. Dirinya mencontohkan ada masyarakat yang di usia 40-an sudah terkena penyakit degeneratif, seperti serangan jantung dan stroke. “Kesehatan itu harus diinvestasikan sedini mungkin agar penyakit berkurang.”

Untuk mengawali kebiasaan berolahraga, Raden menyarankan masyarakat memilih jenis olahraga yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

Pada kesempatan sama, PT Kalbe Farma meluncurkan program Explore Budaya Mixagrip yang tahun ini bertema Mixagrip cinta budaya sehat. Program untuk membudayakan hidup sehat itu akan digelar di 11 kota, di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, dan Banjarmasin, dengan melibatkan 20 ribu peserta.

Deputy Director Marketing PT Kalbe Farma Feni Herawati menjelaskan program itu mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat dengan cara menyenangkan, yakni memadukan senam bersama dengan pergelaran tari di lokasi wisata.

“Masyarakat saat ini gemar mencari daerah wisata yang memukau. Upaya hidup sehat bisa dikombinasikan dengan menikmati wisata dan budaya. Hidup sehat bisa lebih enjoyable,” ucapnya.

Menurut Medical Manager PT Kalbe Farma dr Helmin Agustin, masyarakat saat ini cenderung kurang aktif. Kebiasaan itu bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga mereka rentan terserang infeksi. “Disarankan, masyarakat berolahraga minimal 150 menit setiap pekan,” kata dia.(Dhk/H-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...