tanam Pohon Kurangi Emisi

PENGURANGAN emisi, khususnya di perkotaan, terus digencarkan. Salah satunya melalui gerakan menanam pohon. Secara berkala, sosialisasi dan pembagian tanam-an dilakukan kepada masyarakat. Salah satu yang baru saja dilakukan ialah pembagian 500 batang pohon jambu oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada masyarakat saat acara car free day di Jakarta, Minggu (16/4). “Kita pesan untuk ditanam dan dipelihara di rumah mereka,” ujar Kepala Bagian Hubungan Antarlembaga Kementerian LHK, Fajar Wirasmoyo, di Jakarta, Minggu (16/4).

Diungkapkan Fajar, kepadatan wilayah kota yang terus bertambah membuat emisi yang dihasilkan juga semakin tinggi. Upaya menyeimbangkan hal tersebut terus dilakukan melalui sosiali-sasi gerakan menanam. Selain udara, salah satu bagian dari perkotaan yang juga disosialisasikan untuk dibenahi dan dipelihara ialah daerah aliran sungai (DAS). Menteri LHK Siti Nurbaya juga menginformasikan, saat ini 73,24% sungai di Indonesia berada pada status tercemar cukup berat, sedangkan 2,01% memenuhi baku mutu kualitas air kelas II. Kualitas air tersebut tidak boleh digunakan langsung untuk memasak dan air minum, tetapi hanya untuk sarana rek-reasi, budi daya ikan, ternak, dan menyiram tanaman.

Di lain hal, indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) Provinsi Kalimantan Selatan sangat buruk dan berada di urutan 26 dari 33 provinsi di Indonesia. Hasil pengukuran terakhir Kementerian LHK pada 2015 mengacu tiga kriteria pengukur-an IKLH menempatkan Kalsel di posisi yang rendah. “Indeks kualitas lingkungan Kalsel sangat buruk,” tutur pakar lingkungan hidup Kalsel yang juga mantan menteri lingkungan hidup, Gusti Muhammad Hatta, dalam rapat pembuatan perda aliran sungai di Kalsel, Minggu (16/4). Menurutnya, Kalsel sangat buruk dalam pengelolaan tutupan hutan dan lahan. Kualitas air dan sungainya juga yang masih buruk. (Pro/DY/H-1)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...