Tahun Ini, KKP Optimistis Ganti Seluruh Alaat Tangkap Cantrang

PRESIDEN Joko Widodo telah mengundurkan waktu pelarangan kapal cantrang hingga akhir Desember 2017. Dengan waktu tinggal tujuh bulan lagi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pun optimistis bisa mengganti seluruh alat tangkap tersebut.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Sjarief Widjaja menyebut pada tahun ini, sebanyak 15.284 unit kapal cantrang berbobot di bawah 10 gorss ton (GT) yang sudah mengajukan usulan pergantian alat tangkap. Menurutnya, jumlah tersebut sudah mencakup seluruh sisa kapal cantrang yang belum beralih alat tangkap.

“Itu sudah semuanya, tapi belum diverifikasi. Perlu kita verifikasi karena bisa saja usulan itu datang karena hanya mau dapat bantuan kapal, tapi sebetulnya bukan pemilik cantrang,” ucap Sjarief di kantor KKP, Jakarta, Kamis (4/5).

Adapun usulan penggantian alat tangkap cantrang yang terbanyak berasal dari Provinsi Jawa Tengah, yakni sebanyak 6.972 unit. Lampung mengusulkan 2.308 unit, Kalimantan Barat mengusulkan 2.187 unit, Jawa Barat sebanyak 1.706 unit, Jambi sebanyak 1.238 unit, Sumatera Utara sebanyak 392 unit, Kalimantaran Utara 288 unit, dan Jawa Timur 193 unit.

Sjarief pun mengatakan pihaknya akan mengalihkan anggaran dari berbagai kegiatan KKP lain untuk menutupi kekurangan penggantian alat cantrang. Pasalnya, dalam APBN 2017, KKP hanya menganggarkan sekitar Rp39 miliar untuk penggantian 2.990 unit kapal cantrang. Bila dihitung secara umum, total anggaran untuk mengganti 15.284 unit bisa mencapai Rp187 miliar.

“Bisa saja (dihitung begitu). Tapi, bisa berubah karena tergantung jenis kapal penggantinya juga. Kita punya 89 jenis kapal yang ditawarkan dan itu harganya berbeda-beda,” tukas Sjarief.

Seluruh kapal cantrang yang di bawah 10 GT rencananya akan diganti penuh oleh KKP dengan skema bantuan cuma-cuma. Sementara untuk kapal di atas 10 GT akan difasilitasi KKP guna mendapat bantuan perbankan. (OL-6)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...