Sunarto Prawirosujanto Tutup Usia di RS Pusat Pertamina Semalam

Sunarto Prawirosujanto menghembuskan napas terakhir di RS Pusat Pertamina pada hari Rabu, tanggal 26 April 2017, pukul 21.30 WIB kemarin. Rencananya jenazah akan dimakamkan siang ini pukul 14.00 WIB di Tanah Kusir.

Kepergian Sunarto membawa luka yang mendalam bagi segenap pimpinan, karyawan dan keluarga besar PT. Indogravure.

Untuk diketahui, Sunarto Prawirosujanto yang lahir di Solo di masa perang kemerdekaan, mulai berjuang dengan bergabung ke barisan polisi istimewa Surakarta setelah tamat dari Sekolah Menengah Tinggi Manahan Solo sampai dengan jabatan Komandan KDM berpangkat Letnan.

Setelah Kemerdekaan, Sunarto Prawirosujanto mendapat bea siswa dari pemerintah untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Gajah Mada jurusan farmasi. Dengan ketekunan dan tekad juang yang tinggi, perjuangan Sunarto Prawirosujanto dimulai kembali dengan mengembangkan obat-obatan produksi dalam negeri sehingga akhirnya menjadikan Sunarto sebagai Dirjen POM RI yang pertama.

Dalam kiprahnya saat menjadi Dirjen POM RI mengembangkan industri obat/ farmasi menjadi fokus utama yang bertujuan menjadikan Indonesia mandiri dalam memproduksi obat nasional. Tidak hanya penelitian atau riset obat namun pembangunan pendidikan sumber daya manusia juga menjadi perhatian Sunarto Prawirosujanto dengan mendirikan perguruan tinggi swasta nasional yaitu universitas Pancasila. Semangat juang yang tak pernah padam dari diri Sunarto Prawirosujanto serta integritas yang kuat mendapat perhatian tidak hanya dari dalam negeri namun juga dari luar negeri. Pengangkatan sebagai Konsul Kehormatan Republik Scychelles merupakan salah satu kepercayaan tersebut.

Sebagai anak bangsa yang tetap semangat membangun negaranya, Sunarto Prawirosujanto mendirikan pula perusahaan packaging/kemasan obat dan makanan yaitu PT. Indogravure (berdiri sejak tahun 1971), yang dimulai hanya dengan beberapa orang pegawai, hingga saat ini jumlah karyawannya sekitar 1000 orang di Rempoa dan Bekasi.

Dengan kepemimpinan Sunarto Prawirosujanto dan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas, perusahaan tersebut berkembang pesat dan sebagai salah satu prestasinya adalah mendapatkan penghargaan ” The Best of the Best Company 2013″ dari Pusat Rekor Indonesia. Berbakti dan berkarya untuk bangsa dan Negara Republik Indonesia tidak akan pernah padam dan tidak mengenal usia ujar beliau.

Sumber : Jitunews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...