Sukabumi Habitat Baru Badak Jawa

HABITAT badak jawa (Rhinoceros sondaicus) yang saat ini hanya terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Banten, tergolong rentan. Penyebabnya ialah populasi spesies yang hanya ada di wilayah tersebut mengalami ancaman perkawinan sedarah (inbreeding) dan bencana alam yang dapat mengganggu kelangsungan badak bercula satu tersebut.

Karena itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) telah menetapkan Suaka Margasatwa (SM) Cikepuh, Sukabumi, Jawa Barat, sebagai tempat yang paling memungkinkan untuk kawasan translokasi badak jawa. Upaya translokasi yang disiapkan lebih dari tiga tahun lalu tersebut bertujuan membuat kantong habitat baru dan membantu proses reproduksi badak jawa.

“Saat ini kita tinggal tunggu tes DNA pada badak ada di Ujung Kulon supaya yang dipindahkan bukan dari satu keluarga dan satu darah sehingga tidak terjadi inbreeding,” kata Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian LHK Bambang Dahono Adji saat peluncuran Kampanye Komunikasi untuk Penyelamatan Badak Sumatra di Jakarta, kemarin (Selasa, 16/5).

Tim yang melakukan rangkaian tes tersebut ialah Lembaga Biologi Molekuler Eijkman serta pakar dari Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Indonesia. Menurut Bambang, pemerintah juga bekerja sama dengan NGO untuk melakukan tes dan penyiapan kawasan.

Direncanakan, di Suaka Margasatwa Cikepuh akan dibangun tempat penyelamatan dan perlindungan (sanctuary) badak jawa, sama seperti di kawasan TNUK. Hal tersebut bertujuan membuat perkembangbiakan buatan.

“Karena kalau secara kelayakan luas kawasan, Cikepuh belum cocok. Makanya kita bangun sanctuary biar perkembangbiakannya kita intervensi,” kata Kasubdit Sumber Daya Genetik Kementerian LHK Haryono yang juga hadir dalam acara itu.

Menurut mantan Kepala Balai TNUK tersebut, luas Cikepuh hanya belasan ribu hektare. Sementara itu, daya jelajah badak jawa mencapai 3 kilometer per hari. Menurutnya, Cikepuh dipilih karena memiliki kesamaan fisik kawasan seperti pantai dan tanah yang agak basah. (Ric/H-2)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...