Stok Beras Cukup Penuhi 7 Bulan Ke depan

STOK beras di gudang Bulog Divre Sumsel Babel saat ini tercatat sebanyak 50 ribu ton. Kondisi tersebut cukup untuk ketahanan stok di Sumsel hingga 7 bulan ke depan.

Namun ketersediaan beras sendiri akan terus bertambah mengingat saat ini sudah mulai masuk masa penyerapan beras.

“Stok kita masih cukup memenuhi 7 bulan ke depan. Tidak perlu kuatir karena memang sekarang masa penyerapan beras dari petani. Rata-rata penyerapan sekitar 700 ton per hari,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sumsel Babel, Bakhtiar AS, Minggu (23/4).

Ia menerangkan, pihaknya optimistis target tahun ini yakni penyerapan beras bisa mencapai 120.000 ton untuk penugasan pemerintah (public service obligation/PSO) dan 30.000 ton untuk beras komersial.

“Yang sedang panen saat ini diantaranya Banyuasin, OKI, dan Musi Banyuasin.

Berapapun, kami siap untuk menyerap dan membeli beras dari petani,” kata dia.

Diakuinya, pada Maret lalu musim panen masuk masa puncak hingga kini, sehingga pengadaan akan semakin banyak masuk ke gudang Bulog.

Adapun strategis lain juga mendukung target itu yakni adanya bantuan program pemerintah untuk memperluas lahan tanam pertanian. Untuk penyerapan beras itulah, pihaknya pun sudah menyiapkan anggaran sesuai dengan harga pembelian minimum kepada petani yang sama seperti tahun lalu.

Di Sumsel, daerah penghasil beras masih cukup banyak. Bukan hanya Banyuasin, Muba dan OKI, ada beberapa daerah lain juga penyuplai beras cukup besar jumlahnya yakni OKU Timur, OKU Selatan, Palembang dan sebagainya.

“Atas adanya berbagai bencana, kami bersama pemda setempat sudah mengantisipasinya agar potensi gagal panen tidak terjadi di Sumsel,” tandas dia. (OL-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...