Semai Pendidikan Karakter, Alat Kesenian Dibagikan

DIREKTORAT Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan alat kesenian senilai Rp90 juta kepada 220 sekolah pada 2017. Diharapkan, bantuan berupa sarana alat kesenian tradisional dan kesenian modern itu dapat menyemai cita rasa seni siswa dan pendidikan karakter. “Bantuan sarana alat kesenian untuk sekolah dapat membentuk anak yang cerdas, percaya diri, dan memiliki cita rasa artistik tinggi, serta karakter positif anak Indonesia,” kata Hilmar.

Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Restu Gunawan mengemukakan bantuan alat kesenian hanya bisa diberikan kepada 220 sekolah atau 10% dari total pengajuan yang masuk sejumlah 1.750 proposal. Bantuan pada 2017 merupakan yang keenam dengan total satuan pendidikan yang sudah terfasilitasi sebanyak 4.000 sekolah negeri maupun swasta. Pihaknya juga memberikan bantuan berupa sarana alat kesenian dan mengadakan pelatihan bagi 220 kepala sekolah dari 31 provinsi di Indonesia mengenai teknis pengadaan serta penggunaan alat kesenian.

Di samping itu, Restu meminta sekolah penerima bantuan yang berada di wilayah dengan fasilitas minim untuk berbagi dengan sekolah lain. “Sarananya bisa dipakai bergantian, setidaknya agar akses sekolah yang belum mendapat bantuan bisa menikmati alat kesenian. Kita gotong royong.” Wakil Ketua Komisi X DPR, Ferdiansyah, mewakili sejumlah anggota DPR yang hadir di acara workshop dengan kepala sekolah itu memberikan apresiasi kepada Kemendikbud sebagai salah satu upaya pengembangan kebudayaan dan kesenian bagi anak didik penerus bangsa.

Dia berharap pemerintah daerah turut berkontribusi dalam membangun kesenian di daerah. “Kita imbau pemda proaktif. Jangan hanya menunggu bantuan APBN dari pemerintah,” tegasnya. Ia mengatakan, dalam RUU Kebudayaan yang akan disahkan pada 27 April mendatang, Ferdiansyah yang juga Ketua Panja RUU Kebudayaan, mengungkapkan melalui UU Kebudayaan, ada tugas pemerintah untuk membantu pengembangan kesenian di daerah. (Bay/H-1)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...