Riau Perpanjang Masa Siaga Darurat Karhutla hingga 30 November

PEMERINTAH Provinsi Riau kembali memperpanjang masa siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berakhir hari ini. Riau menetapkan siaga darurat karhutla yang sebelumnya sudah berlaku sejak 23 Januari hingga 27 April 2017, diperpanjang mulai 1 Mei sampai 30 November 2017.

Keputusan itu menyusul perkiraan akan dampak kekeringan dari efek El Nino pada musim kemarau akan terjadi sepanjang periode tersebut.

“Sesuai arahan Pak Gubernur, status siaga darurat ini kita perpanjang hingga 30 November 2017,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi seusai rapat koordinasi perpanjangan masa siaga darurat karhutla di Kantor Gubernur Riau, Kamis (27/4).

Hijazi menjelaskan, alasan pentingnya mengambil langkah cepat memperpanjang status siaga karhutla karena Riau tidak ingin lagi dibebani persoalan bencana kabut asap. Selama ini, Riau selalu menjadi sorotan nasional akibat masalah kabut asap karhutla yang menyelimuti hingga ke negara tetangga.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, mengatakan, pihaknya harus melakukan pencegahan secara dini untuk mengantisipasi terjadi persoalan karhutla.

Dengan penetapan perpanjangan siaga darurat karhutla tersebut, tim yang tergabung dalam satgas dapat melakukan langkah cepat terutama dalam proses penanggulangan nantinya.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan BNPB sebagai leading sector-nya. Kita akan upayakan lagi adanya bantuan helikopter untuk patroli udara,” jelas Edwar.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sugarin, mengatakan, siaga karhutla diperpanjang saat akhir musim hujan akan berakhir pada April ini.

“Pada Mei telah masuk musim kemarau dengan pola angin dari selatan ke utara dan timur laut,” jelasnya. (OL-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...