Restorasi makin Siap Dilakukan

BADAN Restorasi Gambut (BRG) memastikan rampungnya pemetaan lapangan 4 kesatuan hidrologis gambut (KHG). Peta tersebut dibuat dengan menggunakan sinar laser atau LiDAR (light, detection, and ranging) di kabupaten prioritas.

Dengan demikian,proses restorasi akan semakin siap dilakukan menyeluruh. Peta di­nyatakan sepenuhnya rampung setelah melewati pengecekan tahap akhir oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

Deputi Perencanaan dan Kerja Sama BRG Budi S Wardhana, mengatakan, hasil ­pengolahan peta LiDAR akan menjadi langkah dalam membuat detail teknis perencanaan fisik di lapangan. Peta yang terbagi dalam foto udara, tutupan lahan, dan digital elevasi model tersebut mencakup luasan 718 ribu hektare.

“Luasan tersebut mencakup 4 KHG plus 1 KHG yang masih diproses pembuatan petanya,” ujar Budi, Kamis (22/6).

Adapun, 4 KHG di kabupaten prioritas itu yakni KHG Tebing Tinggi, KHG Sungai Cawang-Air Lalang, KHG Air Sugihan-Sungai Saleh, Sumatra Selatan, KHG Sungai Kahayang-Sungai Sebangau, Kalimantan Tengah. Sementara 1 peta yang tengah menunggu rampung lainnya tersebut ialah KHG Pulau Padang, Riau.

Diungkapkan Budi, pembuatan peta dilakukan untuk menjamin efektivitas upaya restorasi. Biaya restorasi yang sangat mahal menjadi alasan utama perlunya pemetaan untuk mengetahui berbagai kondisi lahan, terutama kedalamannya.

“Jadi untuk mulai restorasi yang sangat mahal harus ada petanya yang sangat efektif. Kami fokus 84 KHG di 7 provinsi,” ujar Budi.

Kepala BRG Nazir Foead di kesempatan yang sama mengatakan, rampungnya pembuatan peta diharapkan dapat mempercepat upaya restorasi. Ia juga mengatakan berharap lebih banyak kementerian dan lembaga terkait yang mau memaksimalkan upaya restorasi gambut di 7 provinsi sesuai instruksi presiden.

“Kita berharap untuk pendanaan tidak bergantung pada anggaran BRG dan KLHK saja, tapi juga share dengan yang lain,” ujar Nazir. (Pro/H-1)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...