REI Siap Dukung Komitmen Presiden Bangun Rumah Rakyat

DPP Perusahaan Realestat Indonesia (REI) siap mendukung penuh komitmen Presiden Joko Widodo dalam pembangunan rumah rakyat bagi MBR. Apalagi REI sudah mengikrarkan diri sebagai garda terdepan membangun rumah rakyat.

Seperti diwartakan, pada Kamis (13/7), Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan Menteri BUMN Rini Suwandi sempat meninjau Perumahan Pesona Bukit Batuah di Batu Ampar, Balikpapan, Kalimantan Timur yang menyediakan rumah murah dengan DP 1%. Perumahan tersebut dibangun developer anggota REI, yakni PT Karya Pama Marga Abadi.

“Kami senang sekali Presiden Jokowi berkenan meninjau lokasi proyek rumah subsidi yang dibangun anggota REI di Balikpapan. REI memang fokus membangun rumah MBR dan kami punya target membangun 200 ribu unit rumah rakyat di 2017. Kunjungan ini diharapkan memacu pengembang di daerah lain untuk memasok lebih banyak rumah rakyat,” tegas Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata saat ditemui di Kantor Media Group, Jakarta, Jumat (14/7).

Menurut Eman, sapaan akrab Soelaeman, semangat pengembang daerah cukup tinggi membangun rumah subsidi. Di Provinsi Kalimantan Timur saja, tahun ini target akan dibangun 8.000 hingga 10.000 unit rumah, dan hingga Juni 2017 sudah terealisasi separuhnya.

Dia memastikan REI akan terus membangun rumah rakyat untuk membantu pemerintah menyediakan rumah layak dan terjangkau. Namun, Eman juga mengharapkan supaya program mulia ini juga didukung penuh stakeholder lainnya.

Dikatakannya, ketika REI ingin berlari kencang, justru dukungan dari sejumlah stakeholder belum maksimal. Dia merujuk pada perizinan, sertifikasi tanah yang lama atau pasokan listrik di sejumlah daerah yang masih jadi kendala.

“Pengembang kan sudah selesaikan proyeknya sesuai spek yang ditentukan. Jadi ini perlu disupport oleh stakeholder yang lain misal perbankan, pemda, PLN, PDAM dan BPN. REI berharap semua stakeholder bisa optimal mendukung program sejuta rumah,” papar Eman.

Kepada anggota REI, Eman mengimbau untuk terus memacu bahkan mempercepat pembangunan rumah rakyat. Menurut dia, pengembang fokus saja pada pasokan, sementara dari sisi permintaan dia yakin pemerintah akan melakukan berbagai hal supaya rakyat makin terjangkau beli rumah.

Sebelumnya, Presiden di Balikpapan telah memastikan rumah untuk MBR yang disubsidi pemerintah, baik uang mukanya maupun bunga kredit, akan terus dibangun di seluruh Indonesia. Pemerintah setiap tahun akan menambah terus kebutuhan anggaran untuk subsidi, tergantung kebutuhan di lapangan.

“Banyak masyarakat bilang program (rumah rakyat) ini sangat membantu. Kemarin kita sudah resmikan perumahan untuk MBR di Cikarang dan sekarang di Balikpapan. Nanti menyusul kota-kota lain,” kata Jokowi.

Ia menjelaskan, di Perumahan Perumahan Bukit Batuah yang ditinjau total akan dibangun sebanyak 4.000 unit di atas lahan seluas 43 hektare. Harga jual rumah dipatok sekitar Rp128 juta-Rp135 juta.

Jokowi juga mengaku puas dengan kualitas rumah yang dibangun. “Saya kira ini cukup layak huni. Lumayan bagus kok. Tetapi jangan dibandingkan dengan rumah komersial yang mewah, ini kan sifatnya rumah tumbuh. Yang pasti tadi saya dengar rakyat senang bisa membeli rumah terjangkau,” ujar Jokowi. (X-12)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...