Rapim DPP Partai Republik Putuskan Segera Dilaksanakan Kongres VI

Jakarta – Sekjen Partai Republik Unggul Hermei Kurniawan mengatakan hasil Rapat Pimpinan DPP Partai Republik memutuskan Kongres VI Partai Republik dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Keputusan ini merupakan upaya DPP untuk menyelamatkan Partai Republik agar bisa segera melakukan langkah-langkah organisasi menjelang pelaksanaan verifikasi administrasi pada pemilu legislatif dan presiden pada 2024 mendatang. Sesuai rencana, tahapan pemilu akan dilaksanakan 25 bulan sebelum pelaksanaan pemilu.

“Hasil Rapim, untuk sementara, jadwal Kongres akan dilaksanakan bulan Juni tahun ini secara hybrid, offline dan online, sambil menunggu hasil konsultasi dengan Kementerian Hukum dan HAM,” kata Unggul di Jakarta (8/6).

Pelaksanaan Kongres merupakan amanat Kongres V agar DPP melaksanakan Kongres sesuai dengan AD/ART sekaligus melakukan pembaruan legalitas SK Kementerian Hukum dan HAM. Saat ini legalitas kepengurusan Partai Republik berdasarkan SK Kementerian Hukum dan HAM Nomor. M.HH-11.AH.11.01 TAHUN 2017 tertanggal 12 Juni 2017.

Menurutnya, Kongres ini sangat penting bagi konsolidasi partai. “Kita sudah harus mempersiapkan diri untuk maju kembali ke KPU agar kita bisa menjadi partai peserta pemilu,”ujarnya.

Sekjen Unggul mengatakan Kongres VI akan memilih ketua umum dan sekjen. “Kita ingin menyelamatkan partai dulu agar secara legalitas, partai ini tetap berbadan hukum partai politik dan bukan ormas. Setelah itu, ketum dan sekjen akan mencari ketua umum yang akan membawa Partai Republik maju meloloskan partai ini sebagai partai peserta pemilu,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dua Dekade Partai Republik, Ketum : Semoga Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur 

  JAKARTA, Republik.or.id – Tanggal 21 Mei 1998, merupakan hari bersejarah bagi Partai Republik, dimana ...