“Rafting” di Sungai Ayung, Obama Didampingi 5 Pemandu Profesional

BADUNG, Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama menghabiskan liburan hari ketiganya, Senin (26/6/2017), di Bali dengan bermain rafting di Sungai Ayung, Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Pemilik Desa Rafting, I Nyoman Ariati, mengatakan, Obama bermain rafting bersama istri dan anak-anaknya serta sejumlah pengawal pribadi.

Saat datang, Obama terlihat berpenampilan santai dengan mengenakan celana pendek hitam, kaus putih dan sandal jepit. Sementara itu, istrinya mengenakan celana jins pendek warna biru dan jaket warna hitam.

Rombongan Obama menggunakan enam perahu dan dipandu oleh lima guide atau pemandu profesional. Tidak ada permintaan khusus dari rombongan Obama. Mereka hanya melakukan pengecekan terkait keamanan peralatan rafting.

Selain itu, titik berangkat rafting hanya ditutup selama 20 menit sebelum dan setelah rombongan Obama berangkat.

“Tidak ada penutupan alur sungai, semua berjalan normal,” ujar Ariati.

Ariati mengaku surprise saat mendapat kabar bahwa Obama akan rafting di Sungai Ayung karena dari sekian banyak penyedia jasa rafting, Desa Rafting dipercaya untuk melayani Obama dan rombongan.

“Surprise banget ya, apalagi dia orang nomor 1,” kata Ariati.

Kabar Obama akan rafting melintasi Sungai Ayung, diterima Ariati sehari sebelumnya pada Minggu (25/6/2017).

Tarif rafting

Pada hari-hari biasa, manajemen Four Seasons Resort Ubud memang sering mempercayakan Desa Rafting untuk melayani tamu yang ingin rafting.

Saat ditanya soal harga yang harus dibayar Obama, Ariati enggan berkomentar. Dia hanya menjawab, tarif reguler yang dipasang Desa Rafting hanya 77 dollar AS per paket perahu dengan jumlah penumpang maksimal 6 orang.

Untuk melayani Obama dan rombongan, Desa Rafting sengaja memilih 5 pemandu yang berpengalaman.

“Kami turunkan guide profesional. Kami pilih khusus yang profesional dan berpengalaman,” ujar Ariati.

tiba di titik start di Banjar Karangdalam Satu, Desa Bongkasa Pertiwi, Kabupaten Badung, Bali, sekitar pukul 11.00 Wita. Obama datang dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Obama Bersama rombongan, Obama menyusuri sungai kurang lebih selama dua jam sebelum sampai di titik akhir persis di dekat Four Seasons Resort Ubud.

Sumber Kompas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...