Proyek Strategis Nasional Harus Memajukan Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo menekankan proyek strategis nasional (PSN) harus bermanfaat bagi ekonomi. Dampak dari PSN harus diperhitungkan.

“Saya ingatkan lagi agar PSN yang sudah berjalan ataupun PSN baru memberikan dampak pada upaya kita bersama memajukan pertumbuhan ekonomi kita yang berkualitas, mengentaskan kemiskinan, mengurangi ketimpangan antar wilayah, maupun ketimpangan pendapatan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Rabu (3/5).

Jokowi sudah mengevaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional di 22 provinsi. Dari 225 proyek dan 1 program di 14 sektor infrastruktur yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia, terdapat 20 proyek atau 9% telah selesai.

Sebanyak 94 proyek memasuki tahap konstruksi atau 42%. Ada 13 proyek atau 5% sudah pada tahapan transaksi. Sementara itu, 83 proyek atau 37% dalam tahap perencanaan.

“Saya juga mendapatkan laporan bahwa terdapat 7 persen yang diusulkan untuk dikeluarkan dari PSN. Dan juga usulan penambang 55 proyek strategis nasional yang baru serta 1 program,” jelas dia.

Dia menginginkan, PSN yang baru diusulkan bukan semata-mata daftar panjang keinginan dari setiap kementerian dan lembaga terkait, melainkan betul-betul diseleksi ketat. Jokowi pun tak ingin ada PSN baru mengingat tenggat waktu yang pendek.

Dia memerintahkan jajarannya untuk memperhitungkan dampak PSN baru bagi penyerapan tenaga kerja maupun lapangan kerja yang diciptakan bagi perekonomian daerah. PSN baru juga harus mampu menopang, mendukung sektor-sektor unggulan yang sedang dikembangkan daerah.

“Jadi PSN harus betul-betul terintegrasi dengan pengembangan sektor unggulan yang sedang dijalani oleh daerah,” jelas dia.

Kepala Negara pun mendorong badan usaha dan pihak swasta untuk terlibat membiayai proyek insfrastruktur. Dia meminta skema pembiayaan pembangunan infrastruktur nonpemerintah diatur dengan jelas sehingga mampu menarik investor swasta dalam proyek infrastruktur yang dicanangkan. (OL-6)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...