Presiden Terkejut dengan Cara Pegiat Memicu Minat Baca

PARA pegiat literasi menggunakan bermacam cara untuk meningkatkan minat baca anak, mulai dari jualan hamburger, hingga menggunakan bemo. Presiden Joko Widodo pun mengaku terkejut dengan cara pegiat literasi dalam memicu minat membaca tersebut.

“Saya sangat suprise, sangat kagum, sangat kaget, ternyata bermacam-macam cara yang telah dilakukan oleh bapak ibu pegiat literasi ini,” kata Presiden usai bertemu pegiat literasi inspiratif di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/5).

Ia mengungkapkan ada berbagai cara yang dilakukan para pegiat literasi. Misalnya, ada yang memakai perahu sebagai perpustakan. Adapula, pegiat yang rela jualan hamburger sambil membawa buku agar anak-anak yang membeli bisa membaca sambil makan.

Kemudian, ada juga yang membawa buku dengan bemo, sehingga penumpang bisa memanfaatkan waktu macet dengan membaca buku. Juga, ada bemo yang keliling untuk memberikan bahan-bahan bacaan buat anak-anak.

“Ini sebuah gerakan yang menurut saya sangat bagus sekali, tidak disentuh oleh pemerintah tapi mereka bergerak sendiri,” ucap dia.

Karena itu, ia memerintahkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk membantu pengalokasian buku. Pasalnya, ia menilai kendala selama ini ialah kurangnya buku di tiap daerah.

“Sehingga tadi saya perintah agar di setiap titik-titik itu dikirim paling tidak minimal 10 ribu buku. Karena ada punya 100, tapi ada yang punya 7 ribu. Ada punya 200, tapi ada juga yang punya 5 ribu,” beber dia.

Ia juga ingin membuat tiap daerah memiliki berbagai macam buku bacaan. Sehingga, bisa meningkatkan minat baca anak-anak untuk menambah pengetahuan.(OL-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...