Presiden Minta Gesekan Antarmasyarakat Dihentikan

PRESIDEN Joko Widodo meminta bila ada gesekan antarmasyarakat dapat dihentikan. Ia tak ingin antarsaudara saling menjelekkan atau menghujat.

“Jangan saling hujat karena kita adalah saudara, jangan saling menjelekkan karena kita ini adalah saudara, jangan saling fitnah karena kita ini adalah saudara, jangan saling menolak karena kita ini adalah saudara,” kata Presiden usai bertemu tokoh lintas agama di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/5).

Ia pun meminta agar jangan ada lagi aksi saling mendemo. Sebab, demonstrasi hanya akan menghabis energi untuk hal yang tak produktif.

“Kita adalah saudara-saudara sebangsa dan setanah air,” tambah dia.

Ia juga telah memerintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo buat menindak tegas setiap tindakan yang mengancam keutuhan NKRI.

“Saya juga sudah perintahkan Kapolri Panglima TNI untuk tidak ragu-ragu menindak tegas segala bentuk ucapan dan tindakan yang mengganggu persatuan dan persaudaraan, yang mengganggu NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, yang tidak sesuai dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Semoga Tuhan yang Esa meridhoi upaya kita bersama,” pungkas dia.

Dalam pertemuan tersebut, tokoh lintas agama yang hadir antara lain, Ketua Konferensi Wali Gereja Ignatius Suryo Hardjoatmodjo, Ketua Persekutuan Gereja Indonesia Henriette T Hutabarat-Lebang, Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia Hartati Murdaya.

Kemudian, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia Wisnu Bawa Tenaya, Ketua Majelis Tinggi Agama Konghuchu Indonesia Uung Sendana L Linggarjati, Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin serta Sekjen PBNU Helmy Faisal.

Selain itu, kata dia, tokoh lintas agama juga berkomitmen kepada semua umat beragama untuk menjaga persatuan, persaudaraan, perdamaian dan toleransi antar umat, antar kelompok serta antar golongan. (MTVN/OL-6)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...