Presiden Jokowi Bakal Resmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan beroperasinya jalan tol akses Pelabuhan Tanjung Priok. Jalan tol ini akhirnya rampung dikerjakan setelah pembangunannya dimulai sejak 2009.

Dikutip dari agenda Presiden Jokowi, orang nomor satu di Indonesia ini akan meresmikan tol tersebut pada pukul 14.00 WIB setelah menghadiri peresmian Masjid Raya K.H Hasyim Asy’ari di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Beberapa pejabat negara direncanakan hadir mendampingi Jokowi dalam peresmian tol tersebut, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 kilometer (km). Jalan tol ini akan memperlancar lalu lintas keluar masuk Pelabuhan Tanjung Priok karena memiliki akses langsung masuk ke pelabuhan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ‎mengatakan, jalan tol ini akan mengurangi kemacetan secara signifikan yang terjadi pada jalan arteri pelabuhan.

“Ruas tol ini akan dilewati oleh truk-truk bermuatan berat sehingga dapat dilalui kendaraan dengan beban 45 ton,” ujar Basuki.

Menurut Basuki, membangun jalan tol sekarang ini, terlebih di tengah Kota Jakarta, sangat tidak mudah. Namun dirinya bersyukur tol ini akhirnya bisa rampung setelah sempat tertunda penyelesaiannya akibat pembebasan tanah yang sulit dan pembongkaran 69 tiang beton yang tidak memenuhi mutu rencana.

Dia menyatakan akan melaporkan rampungnya pembangunan tol ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan demikian, ruas tersebut bisa secepatnya diresmikan.

Sebagai informasi, Tol akses Tanjung Priok ini mulai lelang pada 2008 dan konstruksinya dimulai pada 2009.‎ Jalan tol tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota yakni di Seksi North South (NS) yang akan menghubungkan lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, dan juga langsung ke pelabuhan.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok terdiri atas lima seksi, yakni Seksi E-1 Rorotan-Cilincing (3,4 Km), E-2 Cilincing-Jampea (2,74 Km), E-2A Cilincing-Simpang Jampea (1,92 Km) dan NS Link Yos Sudarso-Simpang Jampea (2,24 Km) dan NS Direct Ramp (1,1 Km).

Untuk Seksi E-1 Rorotan-Cilincing sudah selesai dan dioperasikan tanpa tarif sejak tahun 2011. Biaya pembangunannya sebesar Rp 5 triliun, dimana Rp 1 triliun untuk pengadaan lahan dan Rp 4 triliun untuk konstruksinya.

Adapun kontraktor pelaksananya terdiri atas Kerja Sama Operasi (KSO) kontraktor Jepang dan Indonesia. SMCC-PT Hutama Karya, Kajima-PT Waskita Karya, Obayashi-PT Jaya Konstruksi, dan Tobishima-PT Wijaya Karya.‎ (Yas)

Sumber Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...