PG Madukismo Patok Target Giling 550 Ton Tebu

PABRIk Gula Madukismo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan selama 2017 akan menggiling 550 ton tebu.

Direktur PG (Pabrik Gula) Madukismo KRT Gondodiningrat menjelaskan, tebu yang akan digiling itu merupakan tebu rakyat kemitraan dan sebagian lagi adalah tebu rakyat mandiri.

“Jumlah tebu yang akan digiling diperkirakan sebanyak 550 ribu ton, yang berasal dari tebu rakyat kemitraan maupun tebu rakyat mandiri dari 10 kabupaten di DIY-Jawa Tengah,” kata Gondodiningrat di sela acara kirab Tebu Manten di pabrik ini, Sabtu (22/4).

Gondodiningrat mengemukakan 10 kabupaten pemasok tebu PG Madukismo itu adalah Kabupaten Bantul, Sleman, Kulonprogo, dan Gunungkidul (DIY), kemudian Kabupaten Magelang, Kebumen, Temanggung, Purworejo, Purbalingga, dan Sragen (Jateng).

Ia mengatakan PG Madukismo Yogyakarta yang merupakan satu-satunya pabrik gula di DIY ini direncanakan akan memulai mengiling tebu pada Sabtu (6/5). “Diharapkan selesai akhir Oktober 2017 atau proses giling akan berjalan selama kurang lebih 160 hari dengan kapasitas giling harian rata-rata 3.500 ton tebu per hari,” imbuhnya.

Ia mengatakan dengan perkiraan rendemen tebu rata-rata yang akan dicapai sebesar 7,15%, maka jumlah gula yang akan dihasilkan diperkirakan sebanyak 39.235 ton.

Kemudian, lanjutnya, PG Madukismo juga akan mengolah raw sugar sebanyak 25 ribu ton yang diperkirakan menjadi gula pasir sebanyak 23.500 ton.

“Gula seluruh produksi ini akan dialokasikan untuk mencukupi kebutuhan gula konsumsi langsung masyarakat DIY dan Jateng Selatan yang diperkirakan sebesar 120 ribu ton,” tandas Gondodiningrat. (OL-4)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...