Pers Jadi Jembatan Dialog Antarbudaya

PERINGATAN hari Kebebasan Pers Sedunia (World Press Freedom Day/WPFD) yang berlangsung 1-4 Mei 2017 berakhir dengan menghasilkan Deklarasi Jakarta.

Isi deklarasi itu, di antaranya menyiapkan wartawan daring dan luring untuk menyajikan informasi yang dapat menjembatani dialog antarbudaya. Kemudian mendo-rong jurnalisme yang memahami konflik, termasuk menyiapkan liputan inklusif dan profesional yang dapat mendukung dialog, serta rekonsiliasi pihak yang berseteru.

Terkait peliputan di wilayah kon-flik, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang menutup pertemuan itu meminta wartawan yang ditugaskan di daerah konflik agar dibekali keamanan diri.

Menteri juga meminta semua pihak harus memahami kebebasan pers, karena setiap pihak bertanggung jawab atas hal tersebut.

“Saat ini dunia pers sedang menghadapi berbagai tantangan, seperti menjamin jurnalis bekerja untuk menyampaikan kebenaran kepada masyarakat tanpa rasa takut. Sudah 17 tahun Indonesia mendapatkan hal positif dari praktik pers bebas, salah satunya pers dapat mengkritik dan memberikan opini beragam yang dapat digunakan pemerintah dan masyarakat,” kata Rudiantara.

Sementara itu, saat dihubungi di sela-sela acara, konsultan bidang media Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Michelle Betz mengatakan media diharuskan mengembangkan kreativitas untuk dapat bertahan. Khususnya di tengah tekanan dan kesulitan ekonomi yang dialami berbagai negara.

“Meski begitu, profesionalisme tetap harus ditempatkan dengan baik, khususnya dalam kerja sama iklan dengan perusahaan atau lembaga,” ujar jurnalis senior AS itu. Di tempat terpisah, Wapres Jusuf Kalla meminta media massa meluruskan berita-berita bohong (hoax). (Deo/Ant/X-7)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...