Pers Diminta Jaga Keutuhan Bangsa

KEBEBASAN pers di Indonesia jauh melampaui negara lain karena pemerintah sama sekali tidak melakukan intervensi terhadap pers. Oleh karena itu, kebebasan tersebut harus diimbangi dengan tanggung jawab pers, salah satunya bertanggung jawab dalam menjaga keutuhan bangsa. “Tidak adanya intevensi dari pemerintah bukan berarti dapat suka-suka. Pertanggungjawaban harus ada. Pemerintah memfasilitas demokrasi di Indonesia salah satunya melalui kebebasan pers. Tapi saya minta agar pers menjaga keutuhan di Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara ketika menghadiri World Press Freedom Day (WPDF) di Jakarta, Senin (1/5).

Dalam WPFD 2017 yang berlangsung 1 hingga 4 Mei akan dibahas penguatan peran jurnalisme untuk membuat perubahan positif. Terutama terkait dengan hubungan antara kebebasan berpendapat, keadilan untuk semua, kedamaian, dan inklusivitas. Menkominfo menjelaskan salah satu masalah yang dibahas terkait dengan kebebasan pers ialah berita bohong atau hoax. Menurutnya, penguatan media arus utama harus menjadi motor dalam memerangi hoax yang semakin berkembang belakangan ini.

“Hoax bukan lagi isu nasional, tapi sudah menjadi isu global yang terjadi di banyak negara,” tuturnya. Ia juga mengatakan pemerintah kini tidak lagi melakukan intervensi terhadap kebebasan pers terlihat dari tidak adanya peraturan pemerintah (PP) ataupun peraturan menteri yang menjadi turunan dari Undang-Undang (UU) Pers. “Pemerintah justru memfasilitas bagaimana agar pers terus menjadi pilar keempat demokrasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan UU Pers sudah menjamin kebebasan media dan perlindungan hukum bagi pers. Namun, kebebasan pers di Tanah Air tidak semata-mata diartikan sebebas-bebasnya dan tanpa pengaturan. UU Pers yang merupakan produk legislasi nasional antara pemerintah dan DPR, ujarnya, memberikan jaminan bahwa pemerintah tidak bisa mengintervensi pers, termasuk parlemen.

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...