Peresmian RPP “Lorong Demokrasi” KPU Kabupaten Wonogiri

Wonogiri, Sebagai bagian dari upaya meningkatkan partisipasi secara kuantitas maupun kualitas dalam pemilu dan pemilihan dipandang perlu dibentuk Pusat Pendidikan Pemilih. Pembentukan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Wonogiri sesuai dengan arah kebijakan KPU RI, yang merupakan program prioritas di tahun 2017. Dengan memanfaatkan ruangan yang ada, RPP dapat memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi, melalui penayangan audio visual, ruang pameran, ruang simulasi dan ruang diskusi. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kab. Wonogiri, Mat Nawir dalam sambutan pembukaan acara peresmian RPP ”Lorong Demokrasi” KPU Kab. Wonogiri, Rabu (12/4).

RPP “Lorong Demokrasi” KPU Kab. Wonogiri diresmikan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Joko Purnomo. Yang dalam sambutannya menekankan pentingnya pembentukan RPP, karena dari RPP ini diharapkan akan muncul kajian dan studi yang bisa memberikan pendidikan pemilu dan demokrasi kepada warga masyarakat.

Hadir dalam peresmian RPP “Lorong Demokrasi”, Bupati Wonogiri, Forkopimda Kab. Wonogiri, pimpinan partao politik, dinas/intansi terkait, ormas, perwakilan mahasiswa dan pelajar serta wartawan cetak/elektronik.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo mengapresiasi pembentukan RPP sebagai Pusat Pendidkan Pemilih. Ia menyampaikan pentingnya pendidikan politik dan demokrasi kepada masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran politik masyakarat akan arti pentingnya pemilu sebagai perwujudan proses kedaulatan rakyat dalam memilih wakil rakyat dan kepala pemerintahan baik di tingkat pusat maupun di daerah.

RPP diharapkan berfungsi sebagai wahana pendidikan politik dan demokrasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan maupun hasil pemilu dan pemilihan. (WONOGIRI SUKSES/MK)

Sumber kpu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...