Pengamat Politik LIPI Sebut Pilkada Jadi Ujian Kedewasaan Politik Indonesia

JAKARTA – Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyebut pilkada telah menjadi ujian kedewasaan politik Indonesia.

Dalam sebuah acara diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (15/4/2017), Siti Zuhro menjelaskan bahwa diperlukan kematangan dan kedewasaan politik dalam pilkada ini.

Bahkan, pilkada DKI Jakarta yang akan memasuki putaran final pada 19 April mendatang ini disebutnya sebagai ujian serius bagi perpolitikan Indonesia.

“Level kematangan dan kedewasaan politik sedang diuji. Masyarakat Jakarta diuji sangat serius,” ucap Siti Zuhro.

Ujiannya adalah masyarakat dihadapkan pada kualitas berdemokrasi dan hasil pilkada yang tak memuaskan akibat tarik-menarik kepentingan dan kekuasaan.

“Yang penting kampanyenya mampu mendulang suara pemilih dan mendapat simpati mereka,” kata Siti Zuhro lagi.

“Apakah mereka hanya ingin mengedepankan keinginan sesaat, yaitu kekuasaan, atau sebetulnya masyarakat punya pemikirannya sendiri,” lanjutnya.

Siti Zuhro juga mengingatkan bahwa masyarakat punya 1001 alasan untuk memilih, jadi suara mereka tidak boleh dibeli dan jangan menjadikan mereka target basa-basi pilkada.

Sumber Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...