Penegakkan Kedaulatan Negara

Bahwa gangguan-gangguan  terhadap upaya penegakkan kedaulatan saat ini sepertinya dianggap sebagai suatu hal yang  biasa, mungkin karena  banyak pihak yg tidak paham apa itu kedaulatan Negara.   Kita tidak boleh “menukar” ataupun “menggadaikan” kedaulatan negara untuk kepentingan berbagai hal,  namun pada kenyataannya Indonesia  memberikan daerah latihan milter kepada Negara tetangga melalui Defence Cooperation Agreement (DCA) dengan Singapura yang berlangsung selama 25 tahun dan merelakan sebaguan wilayah udara kedaulatan di control oleh Negara tetangga dan itu sudah berjalan lebh dari 70 tahun.

Di era sekarang ini diyakini bahwa tidak ada negara yang dapat berdiri sendiri, degan adanya hubungan  ineternasional yang baik, maka upaya pencapaian tujuan  negara akan lebih mudah dilakukan dan perdamaian duniajuga akan dapat lebih mudah diciptakan. Namun apapun alasannya hubungan dengan negara lain, tidak boleh mengurangi kedaulatan Negara sekecil apapun.

Marsma TNI (Purn) H. Juwono Kolbioen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mencari Keadilan, Partai Republik Sambangi Mahkamah Konstitusi

JAKARTA, REPUBLIK – Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Republik menyambangi Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) ...