Pemkab Purbalingga Canangkan Kampung Iklim

PEMERINTAH Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, segera mencanangkan kampung iklim guna mengajak seluruh masyarakat melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim.

“Tujuannya (kampung iklim) untuk mendorong peningkatan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca,” kata Kabid Pengelolaan Sampah, Bahan Berbahaya Beracun dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Purbalingga, Sukirto, Senin (21/8).

Program tersebut, kata dia, merupakan gerakan nasional pengendalian perubahan iklim yang dimotori oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pemerintah, kata dia, mendorong dan memfasilitasi tumbuhnya kampung iklim, melalui pengayaan inovasi program adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim, yang dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah dan nonpemerintah, termasuk masyarakat.

Pencanangan tersebut, kata Sulirto, akan dilakukan pada 29 Agustus 2017 oleh Bupati Purbalingga, Tasdi. Dia menambahkan, wilayah Dusun III, Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Purbalingga, digagas sebagai lokasi kampung iklim.

Dipilihnya wilayah Dusun III Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, kata dia, karena gerakan masyarakatnya sudah mengarah pada upaya mengatasi persoalan
perubahan iklim. “Masyarakat setempat telah melakukan upaya untuk membuat lingkungan tempat tinggalnya sejuk, hijau, dan teduh, serta melakukan penataan drainase yang bersih dan rapi, melakukan pengelolaan sampah, limbah padat dan cair yang ramah lingkungan,” katanya.

Masyarakat setempat, ucap Sukirto, telah mengaktifkan bank sampah. “Masyarakat juga telah melakukan usaha pencegahan dampak bencana alam,
serta telah membuat peraturan lokal dalam upaya pengelolaan lingkungan,” pungkasnya.(OL-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...