Pemerintah Wacanakan Sistem Ganjil-Genap Saat Mudik

WACANA sistem ganjil-genap di jalan tol saat arus mudik tahun ini masih tetap dipertimbangkan pemerintah. Sistem itu dinilai bisa membuat pemudik lebih disiplin dalam merencanakan perjalanan mudik.

“Tadi kita exercise, ini sekalian untuk mendisiplinkan (pemudik),” ucap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Jakarta, Kamis (20/4).

Masyarakat, kata Luhut, bisa lebih terukur dalam membuat jadwal perjalanan mudik dan balik. Dampak dari sistem itu, diharapkan tidak seluruh pemudik berangkat dan balik pada hari dan tanggal yang sama. Dengan demikian, kemacetan di jalan tol, terutama di Brebes Timur bisa terurai.

“Sekarang mau senang atau susah? Mau jadi lebih sedikit susah, tapi lebih senangnya atau seperti Brexit (Brebes Exit) kemarin? Ini kita kaji betul. Meski belum diputuskan, pada umumnya, tadi sarannya perlu kita gunakan itu,” tutur Luhut.

Dia mengungkapkan keputusan diberlakukan atau tidaknya sistem ganjil-genap saat arus mudik akan dikeluarkan pada Mei mendatang.

“Nanti pertengahan Mei atau saat mulai puasa kita putuskan,” ucap Luhut. (OL-5)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...