Pemerintah Kembangkan Udang Lokal

PEMERINTAH berupaya me­ngembangkan udang lokal untuk kemandirian pangan. Udang lokal jenis udang putih (white shrimp) atau udang jerbung (Penaeus merguiensis) itu tengah diuji coba untuk dibudidayakan secara komersial.

Upaya itu berangkat dari maraknya udang impor di Indonesia. Indukan udang vannamei (Litopenaeus vannamei) yang merupakan udang asli Amerika Latin diimpor hingga 90% dari total impor indukan udang.

Direktur Jenderal Perikan­an Budi Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto mengatakan maraknya udang impor membuat budi daya udang lokal terbengkalai. Padahal, udang jerbung berkembang biak secara liar di beberapa wilayah Indonesia, seperti di Laut Arafuru dan sepanjang pantai utara Jawa. “Kita mau ini dikembangkan untuk konsumsi dalam negeri. Selama ini kita impor indukan udang dari Florida dan Hawaii untuk dikembangkan di sini,” ucap Slamet seusai meninjau kolam uji coba udang merguiensis di Jepara, Jawa Tengah, kemarin.

Nilai ekonomis udang jerbung pun dianggap lebih tinggi ketimbang udang vannammei. Menurut Slamet, tingkat produktivitas udang jerbung tertinggi mencapai 300 ton per hektare (ha), sedangkan vannamei paling tinggi mencapai 200 ton per ha. Selain itu, udang merguiensis bertelur lebih cepat seminggu daripada udang vannamei.

Dari sisi harga, udang lokal itu sedikit lebih mahal daripada vannamei, yakni Rp110 ribu per kilogram (kg) untuk ukuran 30 dan Rp95 ribu untuk ukuran 40. “Protein udang merguiensis lebih rendah juga, hanya 26-27 gram dari vannamei yang minimal 32 gram, sehingga pakan marguensis lebih murah. Biaya operasional menjadi lebih rendah,” terangnya.

Menurut Slamet, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sudah memintanya mengembangkan udang jenis baru. Jenis udang vannamei di beberapa negara seperti di India, Thailand, Vietnam, dan Tiongkok tengah terserang wabah penyakit. Meski impor vannamei dilakukan secara ketat hanya lewat importir langsung dari Florida dan Hawaii, pemerintah tetap khawatir wabah tersebut bisa masuk.(Jes/E-2)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...