Pemerintah Diminta Perluas Jangkauan Sekolah Ramah HAM

KOMNAS HAM sudah menjalankan Sekolah Ramah HAM (SRHAM) selama dua tahun. Kerja sama dibangun melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan sekolah-sekolah dinilai berhasil dan pemerintah diharapkan memperluas jangkauannya.

Wakil Ketua Komnas HAM, Muhammad Nurkhoiron menuturkan, baru puluhan sekolah yang ingin menerapkan model SRHAM. Salah satu sekolah yang sudah menggunakan model tersebut ialah sekolah Labschool yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Jumlah keseluruhan sekolah secara nasional kita tidak banyak, tapi pilot project ini upaya kita memberikan dukungan yang lebih serius pada sekolah yang mau berkembang lebih baik,” ujar Khoiron di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat, Selasa (2/5).

Khoiron optimistis SHRAM bisa berkembang dengan baik supaya pemerintah mau mengambangkan model tersebut di setiap sekolah. Khoiron mengatakan, pemerintah berperan memperluas jangkauan SRHAM dalam menerapkan nilai dan prinsip HAM di kehidupan peserta didik.

“Nanti kalau sudah jadi dan berkembang baik, ini loh kita sudah bikin tolong pemerintah memperbesar model yang baik ini, tolong dijadikan kerangka program nasional biar jelas bagaimana contohnya sekolah yang ramah HAM,” ungkap Khoiron.

Ia menargetkan, pemerintah mengadopsi model SRHAM menjadi kebijakan nasional. Pihaknya siap membantu pemerintah untuk mengimplementasikan SRHAM di tiap daerah. Sebab, kata Khoiron, tiap daerah memerlukan modal yang bervariasi untuk menerapkan SRHAM.

“Segera dibuat payung hukumnya dan presiden turun tangan merombak sistem pendidikan kita,” ujar Khoiron.

Untuk diketahui, SRHAM adalah satu model penyebarluasan nilai-nilai HAM dalam dunia pendidikan dengan menggunakan pilot project dengan menempatkan sekolah sebagai role model yang menerapkan nilai-nilai HAM di setiap kehidupan sekolah. Dalam SRHAM, pendidikan HAM bukan hanya materi pelajaran, tetapi juga metode pendekatan dalam kehidupan sekolah yang menerapkam nilai atau prinsip HAM.(OL-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...