Pemerintah Akan Terus Kucurkan Daging Impor Sampai Harga Turun

PEMERINTAH bertekad akan terus menggelontorkan daging impor ke pasar. Hal itu dilakukan agar harga daging sapi segar bisa kembali di bawah Rp100 ribu per kilogram (kg).

“Daging akan terus digelontorin terus. Kita harus impor (untuk daging) supaya (harga) kembali ke jalan yang benar,” ucap Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, Rabu (19/4).

Enggar mengatakan pihaknya akan terus membuka izin impor daging, khususnya daging kerbau kepada Perum Bulog. Pasalnya, daging kerbau dinilai lebih murah dan memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging sapi.

Adapun realisasi impor daging kerbau oleh Bulog sudah mencapai 70 ribu ton. Izin impor tersebut berlaku sejak Mei 2016-Maret 2017. Posisi stok daging kerbau impor di gudang Bulog kini pun sebesar 39 ribu ton.

Guna menjaga stok daging menjelang puasa dan Lebaran, BUMN pangan itu sudah mengantongi izin untuk menambah impor sebesar 50 ribu ton. Impor daging kerbau itu masih berasal dari India.

Tidak hanya daging kerbau, pemerintah juga kini membebaskan impor sapi bakal guna memenuhi kebutuhan daging nasional. Volume importasi sapi bakalan dibebaskan asal melakukan pengadaan sapi indukan dengan rasio sapi bakalan dan sapi indukan sebesar 5:1.

“Bakalan dan indukan sudah masuk. Itu sudah sesuai kebutuhan pokoknya,” tukas Enggar. (OL-5)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...