Pemerintah Ajak Ormas Islam Bangun Perekonomian Umat

PEMERINTAH mengajak organisasi keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah membangun perekonomian yang berbasis keumatan, khususnya yang ada di lingkungan pesantren. Hal itu diungkapkan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki usai rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (17/4).

“Kita diminta Pak Presiden menyiapkan kerja sama pengembangan ekonomi bersama MUI untuk pengtembangan ekonomi umat, selain itu juga mengenai program reformasi agraria. Jadi nanti tanggal 22 itu MUI menyelenggarakan kongres umat yang pertama dan di dalam kongres itu pak Presiden akan melakukan kerja sama pemberdayaan ekonomi umat,” ujar Teten.

Selain itu Teten juga mengatakan bahwa Presiden meminta pihak swasta terlibat dalam pembangunan ekonomi keumatan. “Saya dengan Pak Menko sudah bertemu dengan MUI dan ada sejumlah kerja sama yang akan kita lakukan, itu usulan MUI lebih pada pengembangan komoditas di 27 kabupaten,” ucap Teten.

Presiden Jokowi juga ingin pihak swasta dilibatkan supaya nanti terintegrasi antara Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dengan sektor swasta. Dengan demikian diharapkan terjadi kerja sama yang baik antara sektor usaha kecil menengah dengan swasta besar,” jelas Teten.

Pemerintah, lanjut Teten, harus memadukan antara swasta yang menjadi bagian dari sistem produksi, “Kita belum tahu persis itu kan MUI, kalau saya lihat yang diusulkan pemberdayaan sektor UMKM dari MUI.”

Percepatan yang dilakukan untuk pembangunan ekonomi keumatan salah satu bagiannya adalah penguatan koperasi-koperasi di bawah pesantren. “Karena itu kelembagaan pesantren koperasi NU, MUI, Muhammadiyah penting dilibatkan termasuk dalam program reformasi agraria,” tutup Teten.(OL-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...