Pemanfaatan Hasil Penelitian belum Maksimal

INDONESIA memiliki puluhan ribu peneliti, tetapi sebagian besar sulit mengomunikasikan hasil penelitian mereka hingga pemanfaatannya oleh masyarakat ataupun industri tidak maksimal.

Hal tersebut disebabkan komunikasi mereka dengan dunia luar terbatas dan bahasa yang digunakan peneliti relatif lebih tinggi ketimbang masyarakat umum.

Demikian dikatakan pembawa berita Metro TV Prita Laura ketika memberikan materi tentang cara berkomunikasi di depan khalayak dalam pelatihan menulis untuk para peneliti.

Acara tersebut merupakan kerja sama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Media Group.

“Ibaratnya, berbeda frekuensi. Mereka (peneliti) punya penelitian yang bagus, tetapi tidak tersampaikan,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Sementara itu, Kepala Biro Kerja Sama, Hukum, dan Hubungan Masyarakat LIPI Isrard mengungkapkan pelatihan menulis dilakukan agar para peneliti lebih percaya diri dalam menyampaikan hasil penelitian secara gamblang.

Menurutnya, akibat peneliti tidak mampu berkomunikasi, banyak hasil penelitian yang potensial untuk dikembangkan justru mandek.

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...