Pelaksanaan Haji Pada Puncak Musim Panas di Arab

PELAKSANAAN haji 2017 berbarengan dengan puncak musim panas di Arab Saudi. Untuk itu para jemaah haji Indonesia harus menjaga kesehatan.

“Terlebih jemaah haji Indonesia mayoritas berusia lanjut. Rata-rata di atas 60 tahun paling banyak. Kemudian disusul 70 tahun. Ini tantangan bagi petugas haji dalam menangani jemaah haji Indonesia yang masuk dalam kategori risiko tinggi,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Yusuf Singka dalam acara pembekalan petugas haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (14/6).

Menurutnya penyakit yang paling banyak diderita para jemaah lansia adalah meningitis, heat stroke dan dehidrasi.

“Untuk sektor kesehatan sudah ditambah tenda-tenda untuk pengobatan. Ada ruang ICU dan perawatan,” kata Eka.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis menjelaskan pemerintah telah menyewa tenda modern terbuat dari fiber glass yang tahan air dan tahan panas.

“Di dalamnya ada pendingin ruangan. Karpet ditambah. Jadi jemaah haji tidak kepanasan. Tenda modern ini ada di Arafah. Untuk air, kami sediakan air zam zam dalam kemasan satu liter. Mulai dari di hotel sampai bermalam di Arafah dan Mina. Insya Allah tidak kekurangan air,” tambahnya.

Adapun sewa tenda modern dari fiberglas berikut genset dan pendingin ruangan sebesar 185 real. “Perubahan tenda ini setelah ada himbauan dari kerajaan Arab Saudi. Apalagi tendanya sudah berumur 100 tahun. Jadi semua tenda untuk jemaah haji Indonesia bagus-bagus. Ini bagian dari pelayanan dan perlindungan jemaah haji.”

Kemudian untuk transportasi menggunakan bus baru, tingkat dan dilengkapi AC, toilet, dan GPS. Para petugas bisa memantau posisi bus sehingga terjadwal kedatangan bus.

Kementerian Agama akan terus meningkatkan pelayanan jemaah haji, setelah Badan Pusat Statistik mengeluarkan indeks layanan kepuasan mencapai 83,83 atau di atas standar.

“Kami akan meningkatkan sampai 85%. Apalagi tahun lalu pelayanan haji Indonesia mendapat penghargaan terbaik di dunia oleh Kerajaan Arab Saudi,” jelasnya. (OL-6)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...