Pelajari Aplikasi SIPOL, KPU Dharmasraya Siap Layani Parpol

Pulau Punjung, Kamis (20/7), bertempat di Ruang Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, segenap staf dan pejabat struktural di lingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Dharmasraya mengikuti kegiatan pengenalan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya, Yanuk Sri Mulyani, Anggota KPU Divisi Hukum, Zainal Efendi, Anggota KPU Divisi Perencanaan dan Data, Adriadi, serta Sekretaris KPU, Yenrizal Effendi.

Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya, Yanuk Sri Mulyani, mengatakan bahwa tujuan pengenalan aplikasi SIPOL di jajaran sekretariat adalah untuk menyebarluaskan pemahaman bagi seluruh pegawai tentang cara penggunaan aplikasi SIPOL. Apalagi, lanjutnya, dalam waktu dekat akan dibentuk Tim Helpdesk yang akan melayani konsultasi SIPOL dari partai politik.

“Kita semua wajib memahami aplikasi ini. Karena akan dibentuk Helpdesk SIPOL, sehingga ketika ada parpol yang (datang) berkonsultasi, kita harus siap untuk menjelaskan dan memberikan pelayanan yang prima dan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Dalam pengenalan aplikasi SIPOL ini, Kasubbag Hukum KPU Dharmasraya, Johannes Tagor, mempresentasikan berbagai jenis fitur yang terdapat dalam aplikasi SIPOL tipe pengguna parpol. Beberapa di antaranya adalah seperti: fitur Profile Partai, Anggota Partai, Pengurus Partai, Kantor Partai, dan Cek Potensi Kegandaan Anggota Partai. Selain itu, terdapat pula fitur Cetak Formulir yang berisikan model-model formulir yang dibutuhkan parpol dalam rangka pendaftaran dan verifikasi partai politik.

Lebih lanjut, dalam kesempatan ini, didemonstrasikan pula cara penginputan data anggota parpol baik secara individu maupun secara berkelompok berdasarkan wilayah dan kode id wilayah dengan menggunakan template yang telah tersedia. Hasil pengisian template, selanjutnya diunggah ke dalam sistem untuk memperbaharui data anggota.

Menurut Johannes, data yang digunakan dalam presentasi ini hanyalah berfungsi sebagai contoh belaka. Dalam kenyataannya nanti, ketika tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol berlangsung, seluruh data yang diunggah kedalam aplikasi adalah bersumber dari masing-masing partai politik dan penginputannya dilakukan oleh operator parpol yang bersangkutan.

Di penghujung kegiatan, Sekretaris KPU Dharmasraya, Yenrizal Effendi, meminta kepada seluruh pegawai sekretariat untuk tekun mempelajari cara kerja penggunaan aplikasi SIPOL. Menurut Yenrizal, meskipun aplikasi SIPOL tipe pengguna parpol ini digunakan oleh partai politik (parpol), seluruh staf Sekretariat wajib memahaminya agar dapat memberikan layanan konsultasi kepada para operator parpol.

“Agar kita menyediakan waktu lebih kurang lima sampai sepuluh menit setiap hari untuk membuka dan mempelajari aplikasi ini, sehingga ketika tahapan berjalan, kita sudah siap,” katanya.

Sumber kpu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...