Pedagang Diminta Jaga Pasar Klewer

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan bangunan baru dan membuka kembali Pasar Klewer, pusat perdagangan tekstil terbesar di Surakarta, Jawa Tengah, kemarin.

Di depan para pedagang, Jokowi berharap mereka mempertahankan ciri khas Pasar Klewer dan menjaga kondisinya tetap bersih dan nyaman seperti saat peresmian.

“Jangan sampai satu tahun atau dua tahun kotor, pedagang keluar lagi, tingkat kenyamanan berkurang. Semuanya harus diatur dan ditata dengan baik,” kata Jokowi.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengapresiasi Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang membangun kembali pasar pascakebakaran pada akhir 2014.

“Selama pasar ini dibangun, pedagang tidak dipungut retribusi. Itu merupakan empati pemerintah dan komitmen negara untuk selalu hadir terutama dalam masa-masa sulit.”

Sebelum musibah kebakaran, omzet para pedagang Pasar Klewer diperkirakan mencapai Rp15 miliar per hari.

Sebelumnya, di Sukoharjo, Jokowi menyaksikan peresmian perluasan pabrik PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex).

Menurut Jokowi, agar kualitas produk tetap terjaga, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) harus mengikuti perkembangan teknologi.

“Saya tadi dibisiki Pak Iwan (Presdir PT Sritex Iwan Setiawan Lukminto), ini teknologi terbaru. Itulah yang seharusnya dilakukan,” ujar Presiden.

Kepala Negara mengatakan pemerintah sangat mendukung berkembangnya industri TPT karena menyerap banyak tenaga kerja dan menyumbang devisa negara.

Iwan Setiawan Lukminto menyatakan perluasan pabrik Sritex dengan investasi Rp2,6 triliun mampu meningkatkan produksi secara signifikan.(FR/Ant/X-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...