Para Pemimpin ASEAN Tandatangani Deklarasi Peran Petugas Sipil

PARA kepala negara anggota ASEAN yang dipimpin oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte secara resmi menandatangani deklarasi tentang peran petugas sipil sebagai katalisator untuk mencapai visi 2025 blok regional pada Sabtu (29/4).

Deklarasi yang ditandatangani di Philipine International Convention Center (PICC) tersebut menggarisbawahi pentingnya layanan sipil sebagai tulang punggung tata pemerintahan yang baik di kawasan Asia Tenggara serta perannya untuk meningkatkan kerja sama lintas-sektor dalam pembangunan masyarakat ASEAN.

Deklarasi Konferensi Tingkat Tinggi Negara-Negara Asia Tenggara (KTT ASEAN) ke-30 ini memberikan dukungan untuk integrasi kawasan yang lebih lanjut serta kontribusi pegawai negeri sipil dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan melalui inisiatif terhadap profesionalisme, efisiensi, efektivitas, pendekatan partisipatif, transparansi, dan akuntabilitas pegawai negeri yang lebih tinggi.

Dalam sebuah pernyataan pers, Ketua Komisi Pegawai Negeri Sipil, Alicia dela Rosa-Bala, mengatakan bahwa deklarasi tersebut menempatkan peran utama petugas sipil dalam mendukung ASEAN yang berorientasi dan berpusat pada rakyat di bawah kepemimpinan Filipina sebagai ketua ASEAN 2017.

Selain itu, deklarasi tersebut juga meminta negara-negara anggota ASEAN untuk mempromosikan kerja sama dalam pengembangan dan pelaksanaan program pembangunan termasuk berbagi kegiatan terbaik di bidang penting seperti promosi lingkungan, perubahan iklim, manajemen bencana, kesehatan, kesetaraan gender.

Pegawai negeri sipil juga didorong untuk lebih kuat berperan dalam pembangunan aliansi, kemitraan dengan negara anggota ASEAN serta mitra dialog ASEAN, organisasi regional dan multilateral, masyarakat sipil, sektor swasta dan pemangku kepentingan lainnya.

Bala mengatakan, kepala dinas sipil ASEAN akan bertemu pada November mendatang untuk bertukar pandangan dan menyusun rencana tindakan nyata pelaksanaan deklarasi tersebut. (OL-2)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...