Pantai Tuban tidak lagi Gersang

TERIK panas matahari yang menyengat selama perjalanan di jalur pantai utara (pantura) Tuban, Jawa Timur, seketika lenyap saat kendaraan memasuki pinggiran pantai. Ia berganti semilir angin yang berembus dari pepohonan cemara laut dan mangrove yang tumbuh di sepanjang pantai.

Semakin mendekati laut utara Pulau Jawa, tampak sejumlah orang yang tengah menikmati suasana dan puluhan anggota pramuka hendak berkemah. Pantai yang luas dan bersih betul-betul memikat mereka.
Itulah salah satu buah kesabaran dan ketekunan H Ali Mansur, 57, peraih Kalpataru 2010 untuk kategori perintis lingkungan.

Pantai Tuban yang tadinya gersang, rusak, dan mengalami abrasi kini menjadi rindang serta menjadi tempat rekreasi masyarakat maupun pendidikan lingkungan.

“Sepanjang pantai Tuban dulu adalah jajaran pohon kelapa, tapi rusak terserang hama kewawung. Karena pohon rusak, warga menebanginya lalu menggali pasir. Akibatnya pantai rusak dan terkena abrasi,” kata Ali Mansur, Direktur Yayasan Mangrove Center, kemarin.

Kerusakan tersebut makin parah dan berimbas pada kerusakan lingkungan di kawasan pantai Tuban. Hati Ali Mansur yang kala itu masih remaja pun tergerak untuk berbuat sesuatu bagi lingkungannya.

Sekitar 1971, ia mulai menanam mangrove. Namun, ia justru dicemooh lingkungan sekitar karena upayanya dianggap tidak akan berguna. Namun, ia tidak patah semangat. Sayangnya, pertumbuhan mangrove yang dia tanam kurang menggembirakan.

“Karena kurang cocok, pada 2004 mangrove saya ganti cemara laut. Sekarang sepanjang 18 kilometer di pantai Tuban bisa dijumpai jajaran pohon cemara laut. Di sekitar lokasi Yayasan Mangrove Center seluas 58 hektare menjadi rindang, asri, dan bisa digunakan warga untuk rekreasi murah meriah serta belajar tentang lingkungan.”

Perjuangan Ali Mansur dalam memperbaiki lingkungan membuat PT Semen Gresik (SG) Tuban mendukungnya secara penuh. Apalagi PT SG Tuban sebagai perusahaan badan usaha milik negara merasa menjadi satu dengan masyarakat. Mereka harus peduli menjaga kondisi wilayah dan bangsa.

“Perusahaan harus dirangkul karena mereka juga bisa andil dan berbuat banyak untuk memperbaiki lingkungan seperti PT SG Tuban. Itu sepanjang pantai papan seruan menjaga kebersihan dan merawat pantai disebar oleh PT SG Tuban,” imbuh Ali Mansur yang masih giat mengajar di sejumlah sekolah.

Dia tegaskan, dukungan PT SG Tuban kepadanya memiliki arti besar. Dorongan yang diberikan juga konkret, baik melalui penyadaran dan pelatihan warga maupun bantuan fasilitas.

“Terpenting adalah semangat untuk bersama-sama membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya agar tetap terawat, bersih, dan sehat,” pungkas ayah dua anak itu. (Abdus Syukur/X-8)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...