“Ngopi” Bareng KIPP, Warsono: KPU Tebang Pilih!

Jakarta – Komisi Independent Pemilu (KIPP) melakukan pertemuan dengan beberapa partai yang menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) membahas ketidakadilan penyelenggara yang dinilai tidak pro terhadap partai kecil.

Warsono, Wasekjen Partai Republik saat memberikan paparan, Rabu 07 Maret 2018

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Partai Republik, Partai Idaman, Partai Pekerja dan Pengusaha Indonesia serta Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia.

Dalam paparannya, Warsono Wasekjen Partai Republik mempertanyakan produk KPU seperti Sipol dan PKPU yang dinilai tidak jelas dan tidak berkekuatan hukum. Selain itu, KPU terkesan “tebang pilih” dalam meloloskan partai untuk mengikuti pemilu 2019, sehingga hanya partai besar yang mulus lolos ke tahapan selanjutnya. Warsono juga menyayangkan pihak Bawaslu yang tidak jeli dalam menentukan keputusan.

Sementara, Ramdansyah, Sekjen Partai Idaman mempertanyakan keseriusan KPU dalam meneliti data di dalam Sipol yang masih dipergunakan. Ramdan mencontohkan,salah satu partai besar yang di daerahnya sama sekali tidak ada kepengurusan, bisa lolos da memiliki domisili lengkap. Bahkan domisili dan pengurus di daerah Jawa Timur, bisa dipakai di daerah Sulawesi dan itu Memenuhi Syarat.

Menyikapi hal tersebut, Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, SH mengatakan, bahwa Bawaslu dalam hal ini berusaha semampu mungkin dan senetral mungkin dalam menentukan partai yang lolos ataupun tidak. Dari laporan yang didapat dan diajukan oleh pemohon dan termohon, mereka mengcompare bukti yang diterima dengan laporan dari Bawaslu di 34 provinsi.

Dalam obrolan santai yang bertajuk “Ngopi” tersebut, Sekjen KIPP Kaka Suminta dalam hal ini siap membela partai yang terdzhalimi. Karena KIPP sendiri sudah melakukan cross check ke lapangan dan mengumpulkan bukti-bukti yang kuat, sehingga bertekad akan terus mengawal hingga selesainya proses hukum berlangsung. (Dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Yayasan Adjeng Suharno Berbagi Kebahagiaan Dengan Kaum Dhuafa di Jawa Barat

BANDUNG, Rep – Yayasan Adjeng Suharno (YAS) mengadakan acara buka puasa bersama sekaligus kegiatan pemberian ...