Naik Tangga 10 Menit Bisa Meningkatkan Motivasi Kerja

Pada pukul 15.00 umumnya para pekerja mulai menemukan saat-saat kurang bersemangat. Dibandingkan membeli sekaleng minuman bersoda atau kopi, naik turun tangga selama 10 menit lebih mampu meningkatkan energi dan motivasi kerja.

Dilansit Time.com, penelitian baru, yang dipublikasikan di jurnal Fisiologi dan Perilaku, University of Georgia (UGA) mengukur efek dari olah raga sederhana yang dapat dilakukan di kantor. Di mana para pekerja tak memiliki banyak waktu luang saat istirahat.

Jadi mereka mendaftarkan 18 mahasiswi, yang semuanya dilaporkan kurang tidur, dan melakukan simulasi di tempat kerja pada tiga hari terpisah. Pada dua hari, para peserta mengkonsumsi kapsul yang mengandung 50 mg kafein (setara dengan sekaleng cola) atau plasebo. Di hari lain, mereka menghabiskan 10 menit berjalan naik dan turun tangga dengan kecepatan rendah.

Setelah setiap intervensi, para wanita diberi tes verbal dan berbasis komputer untuk mengukur mood dan performa mereka dalam melakukan tugas kognitif tertentu. Baik kafein maupun latihan menyebabkan perbaikan perhatian atau ingatan yang besar.

Namun, peserta yang melakukan kegiatan naik turun tangga memiliki tingkat motivasi kerja lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang minum kafein atau pil plasebo. Co-author Patrick J. O’Connor, seorang profesor di departemen kinesiologi UGA, mengatakan bahwa para peserta yang naik turun tangga juga merasa sedikit lebih energik.

“Itu adalah perasaan yang terasa setelah olah raga,” katanya dalam sebuah siaran pers.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa berolahraga selama 20 menit atau lebih dapat meningkatkan tingkat energi. Namun ini tampaknya merupakan studi pertama yang melihat periode berjalan naik turun tangga yang singkat dapat juga memengaruhi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perasaan kelelahan tidak meningkat secara signifikan. Peneliti juga mencatat bahwa berjalan-jalan di luar rumah, atau dengan orang lain, dapat memberikan manfaat meningkatkan mood lebih lanjut.

“Ini adalah pilihan untuk menjaga kebugaran saat beristirahat sejenak dari pekerjaan,” kata O’Connor.

Memurutnya Anda mungkin tidak punya waktu untuk berenang. Tapi Anda mungkin punya waktu 10 menit untuk berjalan naik dan turun tangga.

Sumber Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...