MPR: Tugas Bangsa Jadikan Pancasila Pedoman Perilaku

JAKARTA — Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan tugas kolektif bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini adalah menjadikan Pancasila sebagai pedoman perilaku dalam kehidupan sehari-hari. “Pendiri negara Indonesia telah mewariskan ideologi yang bersumber dari sejarah dan budaya bangsa yakni Pancasila, yang patut diterapkan sebagai sistem etika dalam tindakan,” kata Zulkifli Hasan pada acara “Pra Konferensi II Etika Berbangsa dan Bernegara” di Jakarta, Kamis (4/5).

Menurut Zulkifli, Pancasila tidak boleh berhenti sebagai sistem yang statis, tapi harus terus hidup dalam setiap individu bangsa Indonesia yang tercermin dari perilakunya sehari-hari. Pancasila, kata dia, juga harus menjadi panduan bangsa Indonesia dalam mencapai cita cita negara yang telah diamanahkan pendiri bangsa pada pembukaan UUD 1945.

“Salah satu wujud dari nilai-nilai Pancasila adalah bidang penegakan hukum,” katanya.

Menurut dia, persoalan hukum berkaitan langsung dengan masyarakat, sehingga penegakan hukum yang tidak adil langsung terasa di masyarakat. Integrasi sistem etika dan penegakan hukum, menurut dia, adalah mengembalikan supremasi hukum pada asalnya, yakni harus dikembalikan sebagai sistem nilai dan ideologi

“Wujud Pancasila dalam etika adalah hukum yang memenuhi rasa keadilan masyarakat. Inilah ujian yang harus kita lewati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Zulkifli.

Sumber Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...