Menteri LHK: Mayoritas Mangrove Kurang Baik

DEMAK — Kondisi sebagian besar tanaman mangrove di pesisir pantai Tanah Air kurang baik sehingga perlu perhatian semua pihak.

“Berdasarkan data, tanaman mangrove yang kondisinya kurang baik mencapai 52 persen, sedangkan yang masih baik tercatat hanya 48 persen,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, saat menghadiri penanaman bibit mangrove di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Sabtu (22/4).

Ia mengungkapkan, luas tanaman mangrove di Tanah Air mencapai 3,49 juta hektare tersebar pada 257 kabupaten/kota, sedangkan setiap tahun terdapat ratusan ribu hektare kondisinya mengalami penurunan. Hal itu, lanjut dia, disebabkan oleh berbagai faktor, seperti adanya reklamasi, polusi, budi daya yang tidak memperhatikan lingkungan dan perubahan iklim, sehingga suhu bumi naik dan air laut juga naik dan terjadi rob.

Secara umum, kata dia, kondisi lingkungan di pesisir pantai memang cukup berat, namun pemerintah secara bertahap tetap berupaya memperbaikinya. “Presiden juga selalu berpesan untuk memberikan kesempatan kepada rakyat untuk mengelolanya, karena mereka memiliki nilai lokal yang baik dan aturan-aturan yang baik,” ujarnya.

Karena itu, lanjut dia, pemerintah sedang melakukan penataan, sehingga tidak ada lagi kecurigaan dan lain-lain.  Menurut dia, reklamasi bukan hal yang buruk, asalkan secara lingkungan juga baik dan memberikan dampak positif secara sosial dan ekonomi kepada masyarakat.

Ia mengatakan, wilayah pesisir memang menjadi daya tarik untuk dijadikan tempat permukiman. “Semakin banyak penduduk yang bermukim di wilayah pesisir, maka semakin banyak tekanan terhadap lingkungan sekitar, selain adanya tekanan dari alam,” ujarnya.

Sumber Republika

One comment

  1. Permohonan
    Kepada Yth.
    DPP. Partai Republik.
    Perihal permohonan.

    Assalamualaikum wr wb.
    Saya selaku sekretaris DPD partai republik tingkat kab. Kota nagan raya prov. Aceh. Saya Sangat berkeinginan memperjuangkan dan menjalankan amanah partai repiblik. Dan saya ingin DPP mengkroscek ke DPW aceh. Seperti bantuan atribut atau bantuan lain. Agar kami di DPD bisa transparan dalam bekerja terima kasih

    Hormat kami DPD nagan raya

    Said Fajril.
    Sekretaris
    085361539262
    saidcspt@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...