Menteri Khofifah: Sedekah Langkah Paling Konkret Atasi Kemiskinan

Jakarta – Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Prawansa menilai masalah sosial dapat tertasi bila masyarakat berkemampuan rajin bersedekah, mengeluarkan sebagian hartanya untuk orang yang tidak mampu.

“Sedekah adalah salah satu strategi paling ampuh dalam mengurangi angka kemiskinan di Tanah Air,” ujar Menteri Sosial saat memberi kuliah umum di Kampus IAIN Kendari, Jumat, 14 April 2017.

Menurut Khofifah, sedekah bukan hanya diartikan mengeluarkan harta untuk orang tidak mampu, tetapi sedekah yang dimaksud dalam bentuk ilmu pengetahuan, senyum semangat untuk maju bersama.

Menurut [Khofifah], sedekah bukan hanya diartikan mengeluarkan harta untuk orang tidak mampu, tetapi sedekah yang dimaksud dalam bentuk ilmu pengetahuan “”), peningkatan angka kemiskinan disebabkan ketertinggalan ilmu.

Untuk mengurangi hal itu, tidak cukup hanya dengan memberikan bantuan materil, melainkan sedekah pengetahuan, agar lahir pemikir yang memiliki budi perkerti  baik dan berakhlak mulia.

“Sebab sebagian harta kita adalah milik mereka, berikanlah hak mereka, ilmu yang kita dapat tidak akan bermanfaat jika tidak dibagi, mereka perlu pengetahuan, dan keterampilan agar dapat berkreasi, dan pada intinya mari berbagi,” ujar Khofifah seperti dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, penanganan sosial utamanya kemiskinan, diperlukan panggilan hati, kepedulian, dan pendidikan yang diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Sumber Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...