Menteri Agama Imbau Calon Jemaah Haji Latih Stamina Perbanyak Jalan Kaki

JAKARTA –Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau kepada calon jemaah haji melatih staminanya jelang penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017.

“Tidak hanya soal manasik, tapi juga soal staminanya,” ujar Lukman di Gedung Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2017).

Persiapan stamina yang prima menjadi salah satu hal penting. Lukman menjelaskan hampir seluruh prosesi haji baik di Makkah, Arafah, Mina dan Musdalifa, dilakukan dengan berjalan kaki.

“Stamina tentu menjadi kuncinya, mulai sekarang calon jma’ah bisa berlatih dengab memperbanyak jalan kaki,” ujarnya.

Rencana perjalanan haji tahun 2017 yaitu jemaah Haji akan mulai masuk asrama haji pada tanggal 27 Juli 2017 dan pelayanan terpadu mulai dari proses Custom Immigration and Quarantine (CIQ) serta city check-in dilakukan di asrama haji, termasuk hal-hal teknis lainnya yang terkait dengan pemantapan manasik, pembagian uang living cost, dan perlengkapan haji lainnya.

Pemberangkatan kloter pertama pada tanggal 28 Juli 2017 dengan tujuan Bandara Madinah dan kloter terakhir pada tanggal 26 Agustus 2017 dengan tujuan Bandara KAAIA Jeddah.

Sementara pemulangan pertama dari bandara Jeddah pada tanggal 6 September 2017 dan pemulangan kloter terakhir melalui Bandara Madinah pada tanggal 5 Oktober 2017.

Clossing date di bandara KAAIA Jeddah pada tanggal 5 Oktober 2017. Hari tarwiyah jatuh pada tanggal 30 Agustus 2017 dan prosesi haji mulai dari wukuf hingga nafar tsani sampai dengan tanggal 4 September 2017.

Sumber Tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...